Aliansi Masyarakat Kalteng Kawal Proses Penonaktifan Tiga Hakim

PALANGKA RAYA, Canal Berita – Aliansi Masyarakat Kalteng mengucapkan terima kasih kepada Pengadilan Tinggi Palangka Raya atas respon cepat menindaklanjuti tuntutan penonaktifan tiga hakim yang memvonis bebas terdakwa Salihat alias Saleh.

Koordinator aksi, Bambang Irawan mengatakan, surat rekomendasi penonaktifan tiga hakim yang dikeluarkan oleh Pengadilan Tinggi yang ditujukan ke Pengadilan Negeri tersebut akan mereka kawal prosesnya.

“Kami akan terus kawal dan pantau, karena ini surat perintah dari Pengadilan Tinggi ke Pengadilan Negeri. Apabila tiga hakim ini tetap melaksanakan aktivitasnya atau kegiatan berati mereka melanggar. Dengan dinonaktifkannya dia tidak bisa melakukan aktivitas, kemudian tunjangan-tunjangan dan gajihnya harus ditahan dulu,” tegasnya, Kamis 2 Juni 2022 pagi.

Tahapan Pilkada 2024

Menurut Ketua Ormas Fordayak Kalteng tersebut, sambil menunggu proses Kasasi dan Mahkamah Yusdisial, tiga hakim yang bersangkutan tidak boleh memegang perkara atau sidang.

“Kami sangat mengapresiasi atas putusan dari PT Palangka Raya yang mengeluarkan surat penonaktifan tiga hakim. Dan kami juga tidak melakukan ritual adat, hinting pali karena bentuk penghargaa kepada PT Palangka Raya,” tegasnya.

“Kami harapkan tidak ada lagi vonis bebas terdakwa narkoba, karena bagi kami ini ada residen buruk,” timpal Bambang Irawan. (CNB1)