SEA Games 2021: 3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Tidak Maksimal Saat Dibantai Vietnam

CANALBERITA.COM – Start buruk dicatat Timnas Indonesia U-23 pada babak penyisihan Grup A SEA Games 2022. Skuad Garuda Muda dibantai tuan rumah Vietnam dengan skor 0-3, di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Jumat (6/5) malam WIB.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menerapkan formasi 4-2-3-1. Skema ini dianggap paling pas untuk menghadapi Vietnam yang punya permainan kompak.

Untuk posisi kiper dipercayakan kepada Muhammad Adi Satryo. Sementara lini belakang diisi oleh Ilham Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, dan Firza Andika.

Tahapan Pilkada 2024

Lalu gelandang bertahan yang diturunkan Shin Tae-yong adalah Rachmat Irianto dan Marc Klok. Kemudian di barisan penyerang ada tiga pemain, yakni Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Saddil Ramdani. Sedangkan Irfan Jauhari menjadi striker murni.

Untuk Firza Andika, Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, dan Irfan Jauhari, keempatnya tak bermain penuh dalam pertandingan tersebut. Mereka ditarik keluar Shin Tae-yong pada babak kedua.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong memasukan Alfeandra Dewangga, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, dan Ronaldo Kwateh. Nama yang disebutkan terakhir lalu diganti lagi pada menit ke-84 oleh Marselino Ferdinan.

Semua pemain yang diturunkan pelatih asal Korea Selatan itu nyaris bermain di bawah performa terbaik. Hal tersebut terlihat dari statistik yang disajikan laman Lapang Bola.

Statistik menunjukkan nilai tertingginya hanya 6,66 buat Rachmat Irianto. Sementara nilai terburuknya yaitu 5,94 untuk Rizky Ridho.

Berikut ulasan tiga pemain Timnas Indonesia U-23 yang memiliki nilai performa paling bawah di antara lainnya saat bersua Vietnam.

Diturunkan Shin Tae-yong sejak menit pertama hingga pertandingan berakhir, Rizky Ridho tampil kurang meyakinkan. Bek tengah milik Persebaya Surabaya ini tampak cangguh bermain di barisan pertahanan.

Padahal, pengalaman internasionalnya lumayan banyak. Ia bahkan tampil apik saat memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 akhir tahun 2021.

Namun, semua itu tidak terlihat pada matchday pertama Grup A SEA Games 2022 kontra Vietnam. Laman Lapang Bola juga hanya memberikan nilai 5,94 buat Rizky Ridho yang mencatat successful passes 23 kali.

Posisi lini depan Timnas Indonesia U-23 dipercayakan Shin Tae-yong kepada Irfan Jauhari. Sayangnya, bomber berusia 21 tahun itu gagal memperlihatkan performa terbaiknya.

Irfan Jauhari tidak mampu menembus rapatnya barisan pertahanan Vietnam. Laman Lapang Bola juga hanya memberinya nilai 5,96.

Pada pertandingan tersebut, Irfan Jauhari tidak bermain penuh 90 menit. Shin Tae-yong menariknya keluar pada menit ke-64 dan menggantinya dengan Ronaldo Kwateh.

Selama dimainkan, tidak ada satupun peluang mencetak gol yang didapatkan Irfan Jauhari. Pemain asal Kabupaten Ngawi ini malah mendapatkan satu kartu kuning pada menit ke-37.

Witan baru dimasukan Shin Tae-yong pada menit ke-63 menggantikan Saddil Ramdani. Namun, tidak ada perubahan yang bisa diperlihatkan untuk permainan Timnas Indonesia U-23.

Laman Lapang Bola memberi nilai Witan 5,99. Successful passesnya yaitu enam kali. Pada penghujung laga, ia juga mendapatkan kartu kuning.