Pembangunan Rumah Sakit Pratama Diusulkan Tahun 2023

Tamiang Layang, Canal Berita — Pemerintah Kabupaten Barito Timur di Provinsi Kalimantan Tengah mengusulkan pembangunan rumah sakit pratama di wilayahnya pada tahun 2023 ke Kementerian Kesehatan.

Usulan sudah disampaikan ke Kemenkes. Usulan untuk pembangunan tahun anggaran 2023,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur Jimmi WS Hutagalung di Tamiang Layang, pusat pemerintahan Kabupaten Barito Timur, Minggu 29 Mei 2022.

Kita terus mengawal proses pengusulan karena prosesnya panjang,” kata Jimmi.

Tahapan Pilkada 2024

Ia menjelaskan, rumah sakit pratama diusulkan dibangun di lahan milik pemerintah kabupaten di wilayah Desa Rodok, Kecamatan Dusun Tengah, untuk mendekatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengharapkan dukungan dana dari pemerintah pusat untuk membangun rumah sakit pratama guna melayani warga empat wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Dusun Tengah, Raren Batuah, Pematang Karau, dan Paku.

Masyarakat sekitar yang ingin berobat nanti tidak perlu jauh ke Tamiang Layang, sehingga bisa mendapat pelayanan lebih cepat,” kata Jimmi.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No.24/2014, rumah sakit kelas D pratama adalah rumah sakit umum penyedia layanan perawatan kelas III yang minimal menyediakan pelayanan medik umum, pelayanan gawat darurat, pelayanan keperawatan, pelayanan laboratorium pratama, pelayanan radiologi, dan pelayanan farmasi.

Rumah sakit pratama, yang dapat didirikan oleh pemerintah daerah maupun swasta, menurut ketentuan minimal harus memiliki empat dokter umum dan satu dokter gigi serta menyediakan minimal 10 tempat tidur untuk pasien rawat inap kelas III.

Mohon doa dari seluruh masyarakat Barito Timur, semoga usulan yang disampaikan dapat terakomodasi pada tahun depan,” demikian Jimmi WS Hutagalung. (BS/CNB)