Dewan Kalteng Dorong Penertiban Calo Dalam Pelayanan Publik

PALANGKA RAYA, canalberita.com – Masih adanya sistem percaloan di pelayanan pembayaran pajak, seperti yang masih terdengar di kantor Samsat membuat kalangan anggota DPRD Provinsi Kalteng meminta pemerintah bisa menertibkan hal tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohhanes Freddy Ering megatakan, supaya penyerapan pajak dapat berjalan maksimal guna untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak calo atau oknum-oknum yang masih memanfaatkan situasi harus ditertibkan terutama di kantor-kantor samsat yang ada di Kalteng.

“Terus terang, ketika kami mengunjungi salah satu kantor samsat di Kalteng, masih ada oknum yang melayani loket gelap, ini perlu ditertibkan. Sebab, kalau dibiarkan maka sama saja dengan menyuburkan praktik calo yang dapat merugikan masyarakat,” ucapnya, Jumat (27/5).

Tahapan Pilkada 2024

Disebutkannya, dengan menertibkan para calo tersebut, serta meniadakan loket gelap atau loket bayangan dapat menjadi suatu upaya tegas pemerintah dalam mencerminkan pelayanan publik yang baik dan transparan kepada masyarakat.

“Pelayanan yang baik dan maksimal tentunya akan berdampak positif bagi pendapatan daerah, selain itu juga memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat banyak. Selain itu juga saat ini pelayanan sudah tidak lagi sulit jadi masyarakat lebih baik mengurus sendiri saat membayar pajak,” tukasnya.

Selain itu peningkatan sarana dan prasarana pendukung guna uuntuk menunjang pelayanan serta memberikan kemudahan juga perlu dilakukan. Karena pelayanan yang mudah, cepat, dan lancar, tentu dapat menghilangkan praktik-praktik ilegal yang tidak hanya merugikan masyarakat namun juga daerah tersebut.

“Fasilitas memadai dan memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak ini sangat pwerlu dilakukan. Dengan demikian juga masyarakat wajib pajak tidak akan lagi mencari oknum atau calo ini. Harapan kami, hal ini bisa menjadi perhatian terutama kepolisian, Badan Pendapatan Daerah, dan Jasa Haharja,” tandasnya.

(k1)