BMKG Sampaikan Waspada Cuaca Ekstrem di Kalteng

CANALBERITA.COM – Masyarakat Kalimantan Tengah perlu mewaspadai pontensi hujan lebat dan potensi angin kencang disejumlah wilayah. Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Prakirawan Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya, Renianata.

“Sebagian besar wilayah di Kalimantan Tengah berpotensi hujan ringan hingga lebat pada malam hari dan dini hari. Sehingga masyarakat diminta lebih waspada sebelum turun hujan karena berpotensi terjadi petir/kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah,” sebutnya melalui pesan singkat, Selasa 10 Mei 2022.

Diterangkannya, sejumlah wilayah juga sudah mulai terjadi banjir akibat debit air naik dan ditambah hujan terus menerus beberapa hari ini.

Tahapan Pilkada 2024

“Waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, sambaran kilat/petir dan pohon tumbang,” cetus Renianata.

Perlu diketahui, wilayah yang terjadi hujan pada malam hari seperti kabupaten Katingan, Kapuas, Gunung Mas, Seruyan, Lamandau, Palangka Raya, Kotawaringin Barat, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur dan Sukamara.

“Perlu kami sampaikan juga, dini hari akan terjadi kabut hingga pagi hari. Jadi masyarakat yang berkendaraan agar lebih berhati-hati karena akan mengganggu pandangan,” tuturnya. (CNB1)