19 Casis Bintara Polri Polda Kalteng Gugur di Tes Kesemaptaan Jasmani

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Dari 150 orang calon siswa (Casis) Bintara Polri, sebanyak 19 orang dinyatakan gugur setelah mengikuti Tes Kesemaptaan Jasmani yang dilaksanakan di Lapangan Sanaman Mantikei Kota Palangka Raya, Senin 30 Mei 2022, pagi

Tes Kesemaptaan Jasmani yang digelar oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalteng tersebut dibagi dalam lima gelombang, dan tes jasmani merupakan gelombang keempat.

Kepala Biro (Karo) SDM Polda Kalteng, Kombes Pol Ivan Adhityas Nugraha melalui Kabagdalpers Biro SDM AKBP Muhammad Rifai menyampaikan, bahwa pelaksanaan Tes Kesemaptaan Jasmani terbagi beberapa kategori, yaitu jasmani A berupa lari 12 menit.

Tahapan Pilkada 2024

“Sedangkan kategori B yaitu full up dan sit up yang dilaksanakan selama satu menit. Lari lingkar delapan sebanyak tiga putaran dan renang sejauh 25 meter serta ditambah tes antropologi atau postur tubuh,” katanya, Senin 30 Mei 2022, kemarin.

Lebih lanjut Rifai menjelaskan, bahwa tes ini adalah salah satu bagian dari tes penerimaan Bintara Polri Terpadu, dimana peserta harus melewati tahapan seleksi dan salah satunya adalah kesemaptaan jasmani ini.

“Penerimaan Bintara Polri dilaksanakan dengan prinsif BETAH (Bersih Transparansi Akuntabel dan Humanis), sehingga para peserta harus percaya diri dan tetap semangat agar cita-cita menjadi seorang anggota Polri bisa terwujud,” ujarnya.

Kemudian ia menambahkan, dari 150 peserta yang melaksanakan tes kesempatan jasmani hari ini ada 19 orang yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sehingga dinyatakan gugur.

“Saya mengucapkan selamat bagi para peserta yang dinyatakan memenuhi syarat serta untuk peserta yang belum memenuhi agar tetap semangat dan terus berlatih sehingga dapat mempersiapkan diri lebih matang lagi untuk mengikuti tes tahun depan,“ tutupnya. (CNB1)