Satlantas Polresta Palangka Raya Periksa Kelayakan Angkutan Umum

CANALBERITA.COM – Polresta Palangka Raya melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) gencar melaksanakan pengecekan angkutan umum di saat menjelang lebaran Idul Fitri 1443 H / 2022 M.

Ha tersebut disampaikan langsung oleh Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Budi Santoso melalui Kasat Lantas Kompol Feriza Winanda Lubis. Dan menurutnya, kegiatan sendiri bertujuan untuk mengantisipasi saat pelaksanaan mudik agar tetap berjalan dengan aman dan lancar.

Ia menyampaikan, dengan bekerjasama dengan dinas terkait, mereka melakukan pemeriksaan kepada semua angkutan umum yang berlokasi di Terminal WA Gara, Jalan Mahir Mahar, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

Tahapan Pilkada 2024

“Ini adalah kegiatan rutin kami sebagai pelayan, sehingga masyarakat yang menggunakan angkutan umum dapat dengan nyaman melaksanakan mudik,” tegasnya, Kamis 21 April 2022.

Ditambahkannya, pemeriksaan tersebut meliputi ramp check terhadap armada bus yang ada di terminal. Apakah aspek-aspek keselamatan pada bus tersebut telah berjalan dengan baik atau tidak.

Jika ditemukan adanya bagian pada bus yang tidak berfungsi, pihaknya menyarankan untuk pemilik bus agar dapat segera memperbaiki sehingga tidak membahayakan bagi para penumpang.

“Pemeriksaan kita lakukan secara menyeluruh, agar nanti tidak ada bus yang mengalami kerusakan pada saat beroperasi. Karena bisa dipastikan arus mudik lebaran tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” jelasnya.

Kemudian, katanya, selain melaksanakan pemeriksaan kondisi kendaraan juga dilakukan pengecekan kesehatan para sopir bus. Pemeriksaan meliputi tes urine, agar memastikan jika para sopir bebas dari narkoba.

“Perlu kami sampaikan, selain faktor kendaraan manusia juga menjadi penyebab kecelakaan. Kami juga kami memberikan imbauan kepada sopir agar menjaga kesehatan,” terangnya. (CNB1)