Rupbasan Palangka Raya Bersama Kejaksaan Musnahkan Benda Sitaan

CANALBERITA.COM – Rumah penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Palangka Raya bersama Kejaksaan Negeri Katingan laksanakan Pemusnahan barang rampasan negara, Senin 4 April 2022 pagi.

Kejaksaan Negeri Katingan yang diwakilkan oleh Kepala Seksi Pengelola Barang Bukti dan Barang Rampasan, Firman beserta Kepala Seksi Pidana Umum, Ferry mengunjungi Rupbasan Kelas I Palangka Raya pada pukul 09.00 WIB, dalam rangka menindaklanjuti Surat Kejaksaan Negeri Katingan Nomor : B-736/O.2.18/Eku.4/03/2022 perihal bahwa barang bukti berupa minuman olahan beralkohol beserta perlengkapan alat pembuat minuman alkohol.

Kedatangan mereka langsung diterima dengan hangat oleh Kepala Rupbasan Kelas I Palangka Raya, Rita Ribawati beserta Kepala Subseksi Administrasi dan Pemeliharaan, Genny dengan mengutamakan dan mematuhi protokol kesehatan.

Tahapan Pilkada 2024

Adapun Petikan Putusan Pengadilan Negeri Kasongan Nomor : 72/Pid.Sus/2021/PN.Ksn, barang bukti berupa minuman olahan beralkohol beserta perlengkapan alat pembuat minumanalkohol, dirampas untuk dimusnahkan.

Dimana barang bukti ini disita terkait melanggar Pasal 106 Jo Pasal 24 Ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 07 Tahun 2014 tentang perdagangan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana.

“Kami berterimakasih kepada Kepala Rupbasan Kelas I Palangka Raya telah membantu kami dalam melaksanakan kegiatan pemusnahan barang rampasan, tentunya kegiatan pemusnahan ini diketahui oleh Kepala Kejaksaan Negeri Dan kami berharap kerjasama ini berlanjut untuk kedepannya, baik dalam segi pelayanan Rupbasan Kelas I Palangka Raya sangat sangat memuaskan,” ucap Ferry selaku Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Katingan.

Secara terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah, Ilham Djaya memberikan apresiasi tinggi atas terlaksananya pemusnahan barang rampasan negara dan terus mendukung Rupbasan Kelas I Palangka Raya dalam bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di Kalimantan Tengah dengan integritas tata nilai PASTI.

“Rupbasan Kelas I Palangka Raya menyediakan lahan pemusnahan barang rampasan dan bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Katingan sebagai wujud sinergitas antar Aparat Penegak Hukum (APH), dalam melaksanakan Pengelolaan Benda Sitaan dan Barang rampasan negara, juga sebagai implementasi dari Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” sebutnya.

Sementara, Kepala Rupbasan Kelas I Palangka Raya, Rita Ribawati mejelaskan, pihak sangat berkomitmen dalam peningkatan pelayanan yang ada di Rupbasan Kelas I Palangka Raya.

“Hari ini kami bersama Kejaksaan Negeri Katingan memusnahkan barang sitaan yang dititipkan. Barang yang dimusnahkan berupa minuman berakohol dan alat buatan,” cetusnya. (CNB1)