Polda Kalteng Tangkap Pelaku Penggelapan Senilai Rp 18 Miliar

CANALBERITA.COM – Seorang pengusaha perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Sampit ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kalteng, belum lama ini.

Terduga pelaku bernama Hok Kim tersebut diduga melakukan penggelapan surat-surat beharga senilai Rp 18 Miliar.

Kasus tersebut bermula, pada tahun 2007 terjadi jual beli antara tersangka Hok Kim dengan Ketua Kelompok Tani Karuhei dan Kelompok Tani Hasundau Tinai dengan luas lahan 1.000 hektare yang berlokasi Jalan Pelantaran Padas Km 8- Km 11 Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotim.

Tahapan Pilkada 2024

Kemudian pada tanggal 17 September 2007 dibuat surat kesempakatan yang didaftarkan ke Notaris, bahwa tersangka Hok Kim melakukan jual beli atas perintah dari SJ, YS, AL dan HW.

Setelah itu, lahan yang ditanam sawit tersebut dipercayakan kepada tersangka untuk mengelolanya. Tetapi korban merasa curiga karena pembagian hasil panen dengan yang diberikan tidak sesuai jadi dia diberhentikan pada tahun 2021.

Kemudian, para korban ini meminta kepada tersangka agar surat atau dokumen legalitas tanah diserahkan, namun tersangka tidak menyerahkan dan kasusnya dilaporkan ke Polda Kalteng.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabid Humas Kombes Pol K Eko Saputro saat dikonfirmasi awak Canalberita.com melalui pesan singkat whatsapp pada Selasa 19 April 2022, ia membenarkan atas penangkapan terhadap saudara Hok Kim.

“Benar mas saudara HK diamankan. Dia diduga melakukan dugaan penggelapan surat-surat beharga sehingga dijerat dengan Pasal 372 KHUPidana. Dan sekarang tersangka pun sudah di tahan di Dit Tahti Polda Kalteng,” terang Kabid Humas. (CNB1)