Personel Samapta Polresta Palangka Raya Datangi Penjual Petasan

CANALBERITA.COM – Dalam menciptakan kamtibmas wilayah Kota Palangka Raya di bulan suci Ramadan 1443 H, jajaran Samapta Polresta Palangka Raya dibawah kendali Kepala Satuan (Kasat), AKP Gatoot Sisworo melaksanakan patroli rutin di wilayah hukumnya.

Namun sebelumnya mereka terlebih dahulu melaksanakan pengecekan kelayakan barang inventaris dinas, seperti mobil dan kendaraan bermotor.

Pada Jumat 8 April 2022 sekitar pukul 10.00 WIB, mereka mendatangi pedagang petesan dengan menyampaikan Peraturan Kapolri Nomor 17 Tahun 2017 tanggal 11 November 2017 tentang Pengawasan, Pengendalian dan Pengamanan Bahan Peledak Komersial, seperti petasan dengan daya tinggi.

Tahapan Pilkada 2024

“Kita mengecek penjualan kembang atau bunga api yang dijual, apakah sudah sesuai dengan aturan diameter kurang dari 2 inch. Karena susah jelas aturan Kapolri larangan dalam penjualan kembang api dengan daya ledak tinggi bisa menyebabkan gangguan kamtibmas,” ungkap AKP Gatoot Sisworo, Sabtu 9 April 2022.

Dijelaskannya, hasil pengecekan kembang api yang dijual pedang tidak ditemukan pelanggaran, karena rata-rata yang dijual dibawah 2 inch. Dan juga meminta bantuan kepada pedagang untuk mengingatkan pembeli agar tidak menyalakan dan membunyikan kembang api di dekat mesjid atau rumah ibadah selama bulan Ramadan.

“Disini kita hanya memberikan imbauan, namun jika ada pelanggaran akan nantinya akan ditindak oleh Satreskrim. Namun kita tetap beraharap pedang dan pembeli untuk selalu mentaati aturan,” imbuhnya. (CNB1)