Kebakaran Besar Terjang Gudang Minyak di Kota Rusia dekat Ukraina

CANALBERITA.COM – Kebakaran besar dilaporkan melanda sebuah fasilitas gudang minyak Rusia di Kota Bryansk yang terletak di perbatasan dengan Ukraina pada Senin (25/4) pagi.

Kementerian Layanan Darurat Rusia mengatakan saat ini belum ada detail lebih jauh soal insiden tersebut.

Dikutip Reuters, Kota Bryansk, ibu kota wilayah Bryansk, terletak sekitar 380 kilometer dari barat daya Moskow dan berbatasan langsung dengan Ukraina.

Tahapan Pilkada 2024

Beberapa kota Rusia dekat perbatasan Ukraina juga sempat terkena serangan baru-baru ini.

Dua pekan lalu, Rusia mengklaim pasukan militer Rusia menyerang lintas perbatasan di wilayah mereka, terutama desa-desa di perbatasan.

Moskow menuding aksi Ukraina tersebut memicu “sentimen anti-Ukraina”.

“Desa Spodaryushino, dekat perbatasan dengan Ukraina, telah ditembaki oleh Ukraina,” kata Gubernur Wilayah Belgorod, Vyacheslav Gladkov dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN.

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa atau kerusakan bangunan tempat tinggal, namun dia menyebut warga di dua desa: Bezymeno dan Spodaryushino telah dievakuasi. Kemudian pada hari itu, Gladkov mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah telah terjadi “penembakan dari pihak Ukraina” di desa Zhuravlyovka, juga di wilayah Belgorod.

“Telah terjadi kerusakan pada bangunan tempat tinggal dan fasilitas sosial, tetapi tidak ada informasi tentang korban,” lanjut pernyataan tersebut.

Serangan tersebut terjadi hanya sehari setelah Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan helikopter di depot bahan bakar di wilayah Belgorod. Kementerian Pertahanan Ukraina tidak membenarkan atau membantah serangan itu.

Komite Investigasi, badan penegak hukum tertinggi Rusia mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pihaknya meluncurkan penyelidikan atas dugaan serangan di wilayah Bryansk oleh helikopter Ukraina.

“Pada 14 April 2022, menggunakan dua helikopter tempur yang dilengkapi dengan senjata ofensif berat, personel militer Angkatan Bersenjata Ukraina secara ilegal memasuki wilayah udara Federasi Rusia. Bergerak di ketinggian rendah, mereka melakukan setidaknya 6 serangan udara terhadap bangunan tempat tinggal. di desa Klimovo, distrik Klimovsky, wilayah Bryansk,” kata pernyataan itu.

Klimovo terletak di utara oblast Chernihiv Ukraina. Komite Investigasi mengatakan setidaknya enam bangunan tempat tinggal rusak dan tujuh orang terluka, termasuk satu anak.

(sumber: cnnindonesia.com)