Jumlah Pasien COVID-19 di Palangka Raya Menurun

CANALBERITA.COM – Jumlah pasien yang dinyatakan positif terjangkit COVID-19 di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus menurun.

Perkembangan kasus virus corona menunjukkan tren yang membaik. Tercatat pada Selasa 29 Maret 2022 ada 489 kasus positif dan Rabu 30 Maret 2022 turun menjadi 439 kasus,” kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dikutip dari Antara, Kamis 31 Maret 2022.

Meski kasus positif COVID-19 terus menurun, kepala daerah termuda di Kalteng itu tetap meminta masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Tahapan Pilkada 2024

Selain itu, warga yang telah memenuhi kriteria vaksin, baik dosis pertama, kedua maupun penguat untuk segera mengikuti program vaksinasi. Upaya itu untuk memperkuat kekebalan tubuh terhadap ancaman penularan virus tersebut.

Sementara itu, berdasar data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, akumulasi masyarakat yang terpapar virus tersebut mencapai 17.566 orang.

Dari jumlah itu, 16.594 orang atau 94,47 persen dinyatakan sembuh dan 533 orang dinyatakan meninggal dunia. Sementara itu, juga masih ada 439 orang menjalani perawatan yang terdiri atas 346 pasien isolasi mandiri dan 93 lainnya menjalani perawatan di rumah sakit.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Satgas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Selanjutnya, dalam rangka meminimalkan penyebaran virus di kalangan siswa sekolah, Pemkot Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan juga menghentikan pelaksanaan pendidikan tatap muka di wilayah kelurahan yang masuk zona merah.

Pemerintah bersama berbagai pihak terkait menggencarkan vaksinasi sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi paparan virus tersebut.

Pihaknya pun akan menegakkan peraturan penerapan protokol kesehatan secara tegas. Setiap pihak yang terbukti melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku. (BS/CNB)