Ingin Untung Besar, Pedagang Palsukan Merek Minyak Goreng

CANALBERITA.COM – Di tengah kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan perdagangan, perindustrian dan perlindungan konsumen. Alhasil, kecurangan yang dilakukan pengusaha tersebut tercium aparat kepolisian Polres Murung Raya (Mura).

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Mura, AKBP I Gede Putu Widyana dalam press release yang dilaksanakan Lobi Mapolres, Jumat 1 April 2022 pagi.

Kapolres Mura mengatakan, pada Rabu 30 Maret 2022 sekitar pukul 10.30 WIB mereka mendapat laporan masyarakat ada penjual minyak goreng kemasan premium berupa botol plastik dengan label Toko Surya Mas Minyak Goreng Kunci Mas dengan harga Rp 26 ribu/liter di media sosial facebook pelaku.

Tahapan Pilkada 2024

Dari laporan tersebut, sebut Kapolres, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan menelusuri kebenaran itu. Alhasil, setelah melakukan serangkaian penyelidikan dan benar langsung mendatangi TKP Jalan Kolonel Untung Surapati, Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya serta melakukan penggeledahan.

“Kami menyita 2.678, 05 liter atau 2,6 ton minyak goreng dari Toko PT Surya Emas Halimah yang disiap dikemas dalam merk Toko Surya Mas Minyak Goreng Kunci Mas dengan beberapa kemasan, seperti dirigen 20 liter, dirigen 5 liter, dirigen 1 liter, kemasan premium botol plastik 500 ml-1 liter dan kemasan botol plastik bekas air mineral isi 600 ml. Barang bukti tersebut kami amankan dari tangan tersangka H (32),” ucap Kapolres saat memimpin press release didampingi Kasat Reskrim dan dihadiri oleh Kadis Perindagkop dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Murung Raya.

Dari hasil pemeriksaan awal, ungkap AKBP I Gede Putu, tersangka diketahui membeli minyak goreng curah dari daerah Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan dengan harga Rp 17 ribu perliter. Pelaku mengaku sudah menjual 40 liter minyak goreng curah dengan kemasan label miliknya dengan harga Rp 22 ribu.

“Adapun modus operandinya, pelaku menimbun minyak goreng untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi,” ungkapnya. (CNB1)