Gagal Kabur, Seorang IRT Percobaan Pencurian Ditangkap

CANALBERITA.COM – Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pulang Pisau (Pulpis) mengamankan seorang ibu rumah tangga FAR (54) asal Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Wanita berhijab tersebut ditangkap lantaran tindak pidana percobaan pencurian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHPidana Jo 53 KUHP pada April 2022 sekitar pukul 11.00 WIB.

Kejadian tersebut bermula, pelaku bersama teman-temannya mendatangi Toko Kios Hasan Jalan Hidayatullah di Kelurahan Bahaur, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis).

Tahapan Pilkada 2024

“Kejadian tersebut pada Rabu 24 April 2022 pukul 10.30 WIB menggunakan Mobil Avanza Velos warna putih dari Banjarmasin,” ucap Kasihumas Polres Pulpis, AKP Daspin, Senin 25 April 2022.

Ia menerangkan, pelaku ini bersama satu orang laki-laki turun di Pasar Bahaur, kemudian masuk ke Toko Hasan untuk berbelanja sedangkan di dalam mobil menunggu 1 orang laki – laki dan 1 orang perempuan.

“Yang laki-laki berpura-pura membeli roti, keripik dan kerupuk yang dilayani oleh pemilik toko. Pelaku laki-laki sembaring mengalihkan perhatian korban dan pelaku wanita mengambil rokok ditumpuknya,” ucap Kasihumas.

Diketahui, ketika korban melihat tumpukan rokok yang sudah dilubang dan satu pak hilang. Korban spontan menangkap pelaku dengan mengatakan “keluarkan barang yang kamu ambil.

“Pelaku terkejut dan terjatuh dari dalam roknya satu ball rokok, sedangkan laki-laki bersamanya langsung melarikan diri. Selanjutnya dilakukan pengejaran oleh masyarakat sekitar 15 Km dari TKP, kemudian ditemukan 1 unit mobil Avanza tersebut dengan kondisi kosong tanpa penumpang terparkir di pinggir jalan , saat dilakukan pemeriksaan tas yg ada di dalam mobil ditemukan kartu Bimbingan dan Penyuluhan Pembebasan Bersyarat Napi atas nama BI,” terang Daspin.

“Pelaku bersama barang bukti satu bal rokok, satu pasang sendal, baju daster dan mobil Avanza turut diamankan sebagai barang bukti,” terangnya. CNB1)