Disporbudpar Katingan Persiapkan Pemuda Pelopor 2022

CANALBERITA.COM – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disporbudpar) Kabupaten Katingan melakukan kaji tiru ke Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotawaringin Barat (Dispora Kobar). Senin, 11 April 2022.

Kunjungan itu langsung diterima langsung Kadis Dispora Kobar Ir Tengku Muhamad Aqil Noor didampingi Sekretaris dan tiga kepala Bidang Dispora Kobar menyambut rombongan dari Katingan.

Tujuan kunjungan Disporbudpar Katingan dalam rangka kunjungan kerja dan studi tiru terkait prestasi yang diraih Dispora Kobar baik prestasi bidang olahraga maupun bidang kepemudaan.

Tahapan Pilkada 2024

Seperti diketahui pada 2021 dua peserta asal Kobar keluar sebagai juara yaitu Ismi Mawaddah Aditya Putri yang meraih juara 3 Tingkat Nasional Kategori Kepeloporan Pendidikan dan Muhammad Isro Wahyudin yang meraih juara 2 tingkat nasional untuk kategori kepeloporan Bidang Sumber daya alam, Lingkungan, dan Pariwisata.

Tahun ini Katingan juga ikut, kami juga sudah melakukan persiapan mengikuti seleksi Pemuda Pelopor di tingkat Provinsi dan ke Nasional,” ucap Kadis Disporbudpar Katingan Risnaduar.

Dia juga mengucapkan terimakasih atas respon positif dari Dispora Kobar. Pihaknya banyak menerima masukan dan saran terkait mempersiapakan para pemuda dalam ikut acara tersebut.

Kobar sudah membuktikan prestasi dibidang kepemudaan dengan mendapatkan juara tingkat nasional, semangat ini juga menjadikan kami optimis pemuda Katingan mampu meniru prestasi tersebut,” tambahnya.

Pertemuan itu berlangsung sangat menarik, banyak hal dibahas dalam pengembangan kepemudaan hingga berlangsung hampir 5 jam, Kadis Dispora Kobar Tengku M Agil Noor mengapresiasi kepercayaan Disporbudpar Katingan menjadi Kobar sebagai tempat studi tiru.

Harapan kita dengan pertemuan yang tadi telah kita lakukan, Katingan bisa menjuarai pemuda pelopor tahun ini,” harapnya.

Untuk diketahui Katingan telah menetapkan salah satu peserta Pemuda Pelopor adalah Raya Sadianor Pemuda pelopor bidang pengelolaan Sumberdaya Alam, Lingkungan dan Pariwisata Kabupaten Katingan.

Raya merupakan putra asli daerah asal Desa Karuing, Kecamatan Kamipang. Ia merupakan pengusaha muda yang menggeluti produk-produk lokal. D

irinya terus menggaungkan Indu Kuh Coffe, merupakan nama produk yang menjual berbagai macam kopi tumbuk rempah-rempah khas Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah dan juga Teh Bajakah yang sudah diproduksi secara modern.

Selain sebagai pengusaha muda dirinya juga aktif diberbagai organisasi sosial, bahkan di tahun 2020-2021 dirinya sempat menjadi pendamping UMKM yang merupakan program Menteri Koperasi dan UKM.

Berbekal pengalamanya mengikuti berbagai event provinsi dan nasional, Raya Pangulas sapaan akrabnya merasa optimis bisa bersangi dengan para pemuda di kabupaten dan provinsi lainnya.

Insa Allah siap, mohon doanya semoga sesuai dengan rencana dan harapan kita semua,”tutupnya. (BS/CNB)