Timnas Bola Voli Putra Bakal Bersaing di SEA Games Hanoi Tanpa Uji Tanding

CANALBERITA.COM – Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI), Heyser Harsono, mengatakan timnas bola voli putra bakal bersaing di SEA Games Hanoi, Vietnam tanpa uji coba tanding baik di dalam maupun luar negeri.

Kita sudah tidak punya waktu lagi karena cukup mepet. Lagi pula anggarannya cukup besar,” kata Heyser dalam keterangan tertulis, Rabu.

PBVSI telah memanggil 14 pebola voli putra untuk masuk skuad Indonesia menghadapi SEA Games Hanoi yang dijadwalkan bergulir pada 12-23 Mei. Sebelum bertolak ke Vietnam, seluruh pemain akan berada di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (31/3) guna melakukan persiapan.

Tahapan Pilkada 2024

Seluruh pemain sudah masuk tanggal 31 Maret dan langsung dimulai 1 April mendatang untuk mengikuti tes fisik,” kata Heyser disela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PBVSI, di Sentul, Bogor, Rabu 30 Maret 2022.

Setelah menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas), tim bola voli putra Indonesia rencananya bertolak ke Vietnam antara tanggal 8 dan 9 Mei 2022. “Pembukaan SEA Games Hanoi dilakukan pada 12 Mei,” kata Heyser.

Dalam surat nomor 152/PP.PBVSI/III/2022 perihal Pemanggilan Atlet dan Pelatih Bola Voli Indoor Putra, PBVSI telah memanggil 14 nama. Proses pemilihan dilakukan dengan melibatkan pelatih asal China Jeff ‘Jiang’ Jie yang ditunjuk sebagai juru taktik.

Mayoritas pemain yang dipanggil adalah wajah lama seperti Dio Zulfikri, Doni Haryono, Fahreza Rakha Abhinaya, Dimas Saputra, Rivan Nulmulki, Nizar Zulfikar, Rendy Febriant Tamamilang, Hernanda Zulfi, dan Yuda Mardiansyah Putra.

Mereka adalah pemain yang berkontribusi membawa Indonesia meraih emas pada SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019. Selain itu, ada juga nama lainnya yakni M. Malizi, Farhan Halim, Mauluddani Daffa Naufal, Irpan, dan Fahri S. Putratama.

Pada kursi kepelatihan, Jiang Jie yang membawa tim debutan Bogor LavAni juara PLN Mobile Proliga 2022 akan dibantu dua asisten yakni Sigit Ari Widodo dan Indra Wahyudi. Kemudian ada nama Roy Nanlohy sebagai trainer dan Robby Sudrajat sebagai pelatih fisik.

Timnas bola voli putra akan berjuang mempertahankan medali emas pada SEA Games Hanoi. Saat tampil di Filipina, skuad Merah Putih menjadi yang terbaik setelah mengalahkan tuan rumah dengan skor 3-0 (25-21, 27-25, 25-17). (BS/CNB)