Singgung Perang Dunia III, Ukraina Desak Barat Bantu Lawan Putin

CANALBERITA.COM – Ukraina mendesak negara-negara Barat untuk mempersenjatai negara itu melawan agresi militer Rusia, Senin (14/3).

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, menyinggung ancaman Perang Dunia III pada invasi Rusia ke Ukraina.

Kuleba juga meminta negara Barat yang selama ini berkomitmen membela Ukraina untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi dan boikot ke Rusia.

Tahapan Pilkada 2024

“Bagi mereka di luar sana yang takut ‘terseret ke Perang Dunia III.’ Ukraina akan melawan dan berhasil. Kami membutuhkan bantuan Anda untuk berperang. Berikan kami seluruh senjata yang diperlukan. Terapkan lebih banyak sanksi ke Rusia dan lakukan isolasi sepenuhnya,” kata Kuleba dalam akun Twitternya, Senin (14/3), sebagaimana dilansir Reuters.

“Bantu Ukraina menekan Putin menuju kegagalan dan Anda akan bisa menghindari perang yang lebih besar,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kuleba sempat meminta negara Barat mengirimkan jet tempur dan bantuan militer lain ke Ukraina. Permintaan ini diutarakan agar Ukraina bisa mempertahankan teritori udara mereka, mengingat akan ada lebih banyak korban bila negara itu tak bisa menghentikan gempuran udara Rusia.

“Permintaan paling tinggi kami adalah jet tempur, pesawat serang, dan sistem pertahanan udara,” ujar Kuleba, dikutip dari AFP.

Ukraina terus mendesak sekutunya untuk melakukan lebih banyak upaya menekan Rusia, salah satunya ialah menerapkan zona larangan terbang di wilayah udara negara itu.

Meski demikian, sejumlah negara Barat takut bantuan yang dikirim ke Ukraina dapat menyeret mereka, termasuk anggota NATO, ke dalam perang langsung dengan Rusia.

(sumber: cnnindonesia.com)