Rupbasan Palangka Raya Simpan Barang Sitaan Negara Senilai Rp 2,2 Miliar

CANALBERITA.COM – Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Palangka Raya saat ini menyimpan barang bukti sitaan dan rampasan negara senilai Rp 2.2253.155.000. Namun sudah banyak barang tersebut sudah mulai rusak dan hampir tidak bisa dimanfaatkan.

Kepala Rupbasan, Rita Ribawati kepada awak media canalberita.com melalui pesan singkat whatsapp, Jumat 25 Maret 2022 mengatakan, barang sitaan dan rampasan Negara yang dititipkan kepada meraka jika ditotal Rp 2,2 miliar lebih.

“Jika diuangkan senilai Rp 2.2253.155.000. Namun perlu dipahami, ini adalah hasil penitipan dari pihak kejaksaan dan kepolisian , bukan hasil pengamanan kami,” sebut Rita.

Tahapan Pilkada 2024

Rita menambahkan, barang titipan tersebut berupa kendaraan roda dua sebanyak 1 unit, roda empat sebanyak 10 unit, excavator sebanyak 5 unit, kayu 9.078 batang, bahan bakar minyak (BMM) sebanyak 38 drum 2 tong dan Elpiji sebanyak 173 tabung.

“Bangunan kita masih muat menampung penitipan, karena lokasi kita cukup luas seperti lapangan dan gudang. Dan kita sendiri masih melakukan pembenahan atau perbaikan yang sedikit kurang baik,” ucap wanita berkacamata tersebut.

Kalau ditanya kapan dilakukan lelang, sebut Rita, hal tersebut bukan wewenang pihaknya dan itu adalah sepenuhnya dari puhak kejaksaan dan itu setelah adanya putusan pengadilan. “Masalah lelang bisa tanyakan langsung kepada pihak kejaksaan, karena itu bukan ranah kita. Rupbasan ini hanya tempat penitipan sementara sebelum dilakukan lelang,” sebutnya. (CNB1)