Rumah Beton di Tjilik Riwut Dilahap Si Jago Merah

CANALBERITA.COM – Kebakaran kembali terjadi di Kota Palangka Raya menghanguskan satu unit rumah beton dengan ukuran 6×9 M belum dipasang plafon yang ada di Jalan Tjilik Riwut Km 8, Jalan Dayak Permai Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya.

Menurut laporan dari Tim Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya, kebakaran tersebut terjadi pada, Jumat 4 Maret 2022 pukul 18.30 Wib. Pemilik rumah seorang janda tua atas nama Ibu Tati (70) pekerjaan pedagang. Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat korsleting aliran listrik.

Menurut keterangan beberapa saksi, Pendi (42) salah seorang Sekretaris Rt.01/RW.14 mengungkapkan, pada saat petir pukul 18.30 WIB yang bersangkutan melihat ada asap yang keluar dari atap rumah ibu Tati setelah melihat api, ia lari dan meminta bantuan pada warga sekitar untuk memadamkan api.

Tahapan Pilkada 2024

Saya melihat asap yang keluar dari atap rumah ibu Tati, setelah itu saya lari dan meminta bantuan pada warga sekitar untuk memadamkan api dan menghubungi petugas pemadam kebakaran Kota Palangka Raya,” terang Pendi.

Selanjutnya menurut keterangan dari anak dari ibu Tati, Bapak Bori (33) pegawai honorer di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya mengungkapkan, sekitar pukul 06.30 WIB. ia melihat api keluar kamar dan seketika dirinya mengambil air untuk menyiram api yang semakin besar.

Saya melihat api keluar dari kamar dan seketika saya mencoba mengambil air dan menyiram, tapi apinya semakin membesar sehingga saya dan ibu (Tati) lari keluar rumah dan meminta tolong ke warga sekitar,” tutur Bori.

Sekitar pukul 19.22 WIB api dapat dipadamkan oleh Tim Damkar Pemkot Palangka Raya, dibantu truk tengki ami Tubur, BPK swadaya, Pemadam Polisi siaga Karhutla water canon, Damkar Anna Mantikei, TSAK bukit tunggal dan warga sekitarnya.

Kerugian akibat kebakaran tersebut, diperkirakan kerugian material satu bangunan rumah, satu unit motor Suzuki nex dan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pihak kepolisian saat ini masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut. (BS/CNB)