Putin Yakin Negara Barat Ikut Rasakan Dampak Sanksi ke Rusia

CANALBERITA.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin tak gentar meski negaranya dihujani sanksi dari negara-negara Barat terkait invasi ke Ukraina. Putin justru menyebut dampak dari sanksi terhadap Rusia juga akan dirasakan oleh negara-negara Barat sendiri, termasuk dalam bentuk harga pangan lebih tinggi dan harga energi yang melonjak.

Berbicara dalam rapat pemerintahan Rusia, seperti dilansir Reuters, Jumat (11/3/2022), Putin meyakini Rusia akan mampu menyelesaikan persoalan yang kini menjerat dan bangkit lebih kuat dari sebelumnya.

Ditegaskan juga oleh Putin bahwa tidak ada alternatif dari apa yang disebut Rusia sebagai operasi militer khusus di Ukraina. Dia menyatakan bahwa Rusia bukan negara yang bisa menerima kompromi atas kedaulatannya demi keuntungan ekonomi jangka pendek.

Tahapan Pilkada 2024

“Sanksi-sanksi ini akan dijatuhkan dalam situasi apapun,” ucap Putin dalam rapat pemerintah Rusia pada Kamis (10/3) waktu setempat.

“Ada sejumlah pertanyaan, masalah, dan kesulitan tapi di masa lalu kita telah mengatasinya dan kita akan mengatasinya sekarang,” tegasnya.

“Pada akhirnya, ini semua akan mengarah pada peningkatan kemandirian, swasembada dan kedaulatan kita,” ujar Putin dalam rapat yang digelar dua pekan setelah pasukan Rusia menginvasi Ukraina, negara tetangganya.

Pernyataan terbaru Putin ini dirancang untuk menggambarkan sanksi-sanksi Barat sebagai tindakan yang merugikan diri sendiri dan meyakinkan warga Rusia bahwa Moskow akan mampu menghadapi apa yang disebutnya sebagai ‘perang ekonomi’ terhadap perbankan, bisnis dan para oligarkinya.

(sumber: detik.com)