Polisi Razia Knalpot Brong dan Truk ODOL

CANALBERITA.COM – Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Kapuas kembali melakukan penertiban kepada pengedara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong dan truk melebihi kapasitas atau Over Dimension Over Loading (ODOL), Selasa 29 Maret 2022.

Kasatlantas Polres Kapuas, AKP Sugeng mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai sosialisasi terkait larangan menggunakan knalpot brong dan truk yang melebihi kapasitas.

“Setelah sosialisasi kita lakukan penertiban dengan cara hunting sistem secara humanis. Selanjutnya dilakukan penindakan berupa tilang,” jelas Sugeng saat dikonfirmasi di tempat terpisah.

Tahapan Pilkada 2024

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta kepada para pelanggar untuk melepas dan mengganti sepeda motor dengan knalpot standar. Kegiatan ini bertujuan menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat yang membuat suara bising.

“Di samping sebagai upaya Polri mengurangi pelanggaran dan meminimalisir fatalitas korban laka lantas, juga sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat yang tidak nyaman dengan adanya knalpot brong. Karena banyaknya laporan masyarakat terganggu dengan suara knalpot tidak standar tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, petugas Satlantas Polres Kapuas juga menggelar penertiban dan penindakan kepada truk bermuatan yang melebihi kapasitas atau ODOL.

“Dengan menyasar truk ODOL dianggap melanggar lalu lintas karena muatan melebihi kapasitas sehingga perlu ditindak, karena ini sangat berbahaya dan membahayakan pengendara lainnya di jalan,” tutupnya. (CNB1)