Pembangunan IKN Diharapkan Jadi Momentum Kalteng Dalam Meningkatkan Standar Pelayanan Publik

CANALBERITA.COM – Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Grand Design Provinsi Kalimantan Tengah 2045, yang dilaksanakan di Aula Serba Guna Bapeddalitbang Kalteng, Senin 21 Maret 2022.

Dalam kesempatan itu Herson menjelaskan, dalam 20 tahun mendatang, dinamika kehidupan sosial, budaya, teknologi, ekonomi dan politik di tingkat nasional dan global akan menjadi tantangan dan peluang bagi pembangunan Kalimantan Tengah.

Peningkatan pengelolaan sumber daya alam secara efisien, efektif dan berkelanjutan, serta peningkatan akumulasi modal sumber daya manusia, modal pengetahuan, modal sosial, modal sumber daya alam, dan lingkungan, modal keuangan, serta modal infrastruktur untuk mewujudkan Kalimantan Tengah yang maju, bahagia, dan bermartabat perlu dilakukan secara masif dan terstruktur untuk merencanakan Pembangunan Kalimantan Tengah yang berkelanjutan,” ucapnya.

Tahapan Pilkada 2024

Melalui transformasi dan akselerasi pembangunan yang mengutamakan basis keunggulan daerah dan konektivitas dengan daerah lain, diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan Kalimantan Tengah tahun 2045. Melalui berkembangnya kerjasama antar Negara ASEAN, meluasnya kerjasama antar Negara-negara di Asia, dan berkembangnya wilayah Kalimantan sebagai pusat pemerintahan seiring dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Provinsi Kalimantan Timur.

Selain itu, pembangunan Ibu Kota Negara diharapkan akan menjadi momentum bagi Provinsi Kalimantan Tengah, dalam meningkatkan standar pelayanan publik, memacu kegiatan produksi dan pengolahan, pengembangan infrastruktur yang maju dan efisien, pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan secara berkelanjutan sejalan dengan komitmen mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, meningkatkan kerjasama investasi, serta memperluas kemitraan perdagangan antar daerah,” harapnya.

Herson menambahkan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dirinya ucapkan terima Kasih kepada Pihak badan perencanaan pembangunan nasional (Bappenas), dengan serius memfasilitasi Penyusunan Grand Design Kalimantan Tengah Tahun 2045, yang proses diskusinya sudah dilakukan sejak dua tahun yang lalu, dengan melibatkan berbagai stake holder yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Dewan Riset Daerah Kalimantan Tengah yang diketuai oleh Prof. Dr. Sulmin Gumiri dengan menghasilkan Pokok-pokok Pikiran penyiapan Grand Design Kalimantan Tengah 2045.

Melalui pembahasan yang lebih intensif dengan melibatkan para pemangku kepentingan (Stakeholders) secara lebih luas lagi, diharapkan bahwa tahapan kegiatan yang kita lakukan pada hari ini. Pada saatnya nanti dapat menghasilkan dokumen Grand Design Kalimantan Tengah 2045 yang benar-benar mampu, mewujudkan tujuan dan sasaran Pembangunan Kalimantan Tengah Jangka Panjang dengan memperhatikan kebijakan-kebijakan pembangunan yang telah dan masih berlangsung di Kalimantan Tengah dalam rangka mewujudkan masyarakat Kalimantan Tengah yang sejahtera dan bermartabat,” lugasnya.

Sesuai dengan tahapan yang ada saat ini, yaitu Forum Konsultasi Publik Tahap Pertama, kami mengharapkan peran aktif saudara sekalian guna memberikan masukan, kepada kita semua berkenaan dengan visi, misi, serta sasaran pembangunan Kalimantan Tengah Tahun 2045, sebagai panduan bagi Tim Penyusun dalam merumuskan indikator kinerja utama maupun rencana-rencana pengembangannya pada setiap bidang pembangunan yang terkait. (BS/CNB)