Enam Perampok di Lamandau Diringkus, Empat Masih Buron

CANALBERITA.COM – Polres Lamandau berhasil mengungkap aksi pencurian sarang walet yang terjadi pada 25 Februari 2022 di Desa Bukit Raya, Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau.

Setidaknya enam orang pelaku pencurian berhasil diringkus, sedangkan empat orang masih dalam pengejaran kepolisian.

Kapolres Lamandau, Polda Kalteng AKBP Arif Budi Purnomo dalam press release menerangkan, pelaku masuk dengan paksa ke rumah korban dan langsung membacok kaki korban dengan menggunakan parang. Selanjutnya korban diikat dan mulutnya ditutup dengan kain, kemudian pelaku mengambil sarang walet sekitar 60 Kg dan uang tunai sebesar Rp 180 juta.

Tahapan Pilkada 2024

Setelah itu, lanjut Kapolrest, Anggota Satreskrim melakukan serangkaian penyelidikan dan berhasil mengamankan enam pelaku dengan inisial PD (26 ), SB (37 ), YY (32), MH (33 ), KR (23 ), WTP (28) di Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Jumlah pelaku yang diamankan sebanyak enam orang, mereka kita tangkap di Sampit ditempat terpisah. Sedangkan empat orang masih dalam pengejaran,” ucap Kapolres Lamandau.

Dari tangan tersangka, katanya, berhasil disita barang bukti uang tunai sebanyak Rp 9.850.000, satu buah Gawai (HP) Merk Nokia Warna Hitan dan 1 Unit Mobil Avansa.

Modus operandi pelaku sebelum beraksi, melakukan survey lapangan, setelah mendapatkan target para pelaku menggunakan satu unit mobil avanza dan satu unit xenia berangkat dari Kabupaten Kotawaringin Timur menuju Kabupaten Lamandau. Setelah sampai target yang dituju langsung melakukan perampokan sarang walet dan uang tunai di rumah korban.

“Para pelaku curas ini selain melakukan pencurian di daerah Lamandau juga melakukan pencurian sarang burung walet di daerah Kabupaten Kotawaringin Barat,” sebutnya.

“Saat ini dari enam pelaku pencurian sarang walet tiga orang menjalani proses sidik di Polres Lamandau dan tiga pelaku lainnya menjalani proses sidik di Polres Kotawaringin Barat,” tambahnya. (CNB1)