Bangun Spirit Literasi Anak, Pemuda Kalteng Lakukan Aksi Sosial

CANALBERITA.COM – Indeks literasi masyarakat Indonesia masih rendah. Berdasarkan data UNESCO, Indonesia menempati urutan kedua dari bawah soal urusan literasi dunia. Salah satu faktor rendahnya minat baca masyarakat yaitu kurangnya bahan bacaan serta masih belum memiliki fasilitas perpustakaan yang memadai.

Maka dari itu, semangat pemuda yang terdiri dari aliansi komunitas dan organisasi-organisasi pemuda di Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan Donasi Literasi. Kegiatan ini sudah berlangsung 6 kali dengan lokasi tujuan berbeda.

Donasi Literasi batch 6 diselenggarakan pada Kamis 3 Maret 2022 di Desa Tewang Menyangen, Kabupaten Katingan. Perjalanan menuju desa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam 30 menit dengan menggunakan jalur darat, kemudian untuk sampai ke desa harus menggunakan ferry penyebrangan sekitar 10 menit.

Tahapan Pilkada 2024

“Kegiatan ini bisa terlaksana karena bantuan dari para donatur yang kami kumpulkan dari tanggal 19 Januari-1 Maret 2022. Harapannya semoga kegiatan ini dapat menjadi semangat baru bagi adik-adik agar bisa meningkatkan kegemaran membaca,” ucap Ketua DL batch 6, Ijudin Karim, Jumat 4 Maret 2022 dalam rilis yang dikirimkan.

(FOTO: ISTIMEWA)

Ia juga menambahkan, bahwa di kegiatan tersebut tidak hanya mendonasikan buku, tetapi juga menata ulang perpustakaan, kelas mengajar, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, gerakan sejuta liter susu, serta membagikan bingkisan kepada anak-anak desa tersebut.

Yessi Kristiana, Kepala Sekolah SDN Tewang Menyangen menyebutkan, bahwa sekolah tersebut kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. “Walaupun, desa ini cukup dekat dengan pusat kecamatan, tetapi saya rasa desa ini bisa dibilang tertinggal. Bahkan di sekolah ini menyelenggarakan kegiatan seperti ini baru 2 kali dilaksanakan,” imbuhnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih banyak kepada tim dan para donatur yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat terus berjalan.

Gerakan ini merupakan Aliansi Komunitas Pemuda Kalteng, diantaranya adalah Kalteng Cerdas, Ikatan Duta Bahasa Kalteng, Euroweek Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Bintang Literasi, Duta Inspirasi Kalteng, XSR Kalteng, Ikatan Mahasiswa Palangka-Surabaya, Hisfarma Ikatan Apoteker Indonesia Kalteng, ACT Kalteng, GMKI Palangka Raya, PMKRI palangka Raya, KEPPMA Gumas, Yayasan Utus Lewu, Antrepublic Coffe, Suara dari Bisu serta media platform infokalteng dan infoplk.

Di akhir kegiatan, seluruh relawan dan juga anak-anak berfoto bersama untuk mengenang kegiatan pada hari ini. (CNB1/*)