3 Pencuri Motor Kelas Kakap di 4 Lokasi Dilumpuhkan Petugas Dengan Timah Panas

CANALBERITA.COM – Empat kawanan pencuri motor  kelas ‘kakap’ yang sering gentayangan di wilayah hukum Polres Kotawaringin Barat (Kobar), berhasil digulung Polisi dari 4 lokasi, 3 pelaku diantaranya terpaksa dilakukan tindakan tegas terukur karena melawan petugas saat akan ditangkap.

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, saat menggelar ‘Press Release’ di halaman Mapolsek Arut Selatan Jumat, 11 Maret 2022, didamping Kapolsek Arut Selatan Kompol Saiful Anwar dan Wakapolsek Ipda Sudharsono menyampaikan bahwa kawanan pencuri motor kelas kakap yang sering meresahkan masyarakat itu berhasil digulung berkat informasi masyarakat dan kerjasama yang handal para anggota Unit Reskrim Polres Kobar, Polsek Kumai, Polsek Arut Selatan, Polsek Pangkalan Lada dan Polres Lamandau.

Keberhasil tim yang handal dan terpadu, dalam melaksanakan tugasnya tentu saja saya sangat mengapresiasinya dan untuk selanjutnya kinerja mereka harus terus ditingkatkan, agar masyarakat Kobar merasa aman dan tidak pidana bukan hanya kasus pencurian motor, tapi semua kasus yang merugikan masyarakat,” kata Kapolres,

Tahapan Pilkada 2024

Lanjut Kapolres, 3 pelaku curanmor yang kerap melakukan pencurian di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat ini berhasil digulung pada Selasa 8 Maret 2022.

Tiga tersangka bernama Arbuji, Budi Hartanto dan Masturi, karena saat mau ditangkap berusaha melawan petugas terpaksa ditembak kakinya  dan dari kasus curanmor saat dikembangkan, Polisi juga berhasil mengamankan pelaku utama, dan juga berhasil menangkap dua orang penadah motor hasil pencurian yaitu inisial BH dan AM,” ujar Kapolres.

Dijelaskan Kapolres, pengungkapan kasus Curanmor dari 4 TKP ini atas kerjasama anggota Unit Reskrim Polres Kobar, Polsek Kumai, Polsek Arut Selatan, Polsek Pangkalan Lada dan Polres Lamandau.

Kawanan pencuri motor tersebut, semuanya sudah berpengalaman dan anggotanya memiliki peran masing-masing, diantaranya tersangka Budi Hartanto berperan sebagai pengantar Arbuji untuk melakukan pencurian. Tempatnya di Kumpai Batu Atas. Tersangka Budi juga mengantarkan Masturi melakukan pencurian di Desa Kumpai Batu Bawah.

Dari pengakuan mereka, Budi dan Buji ini juga telah melakukan pencurian motor di wilayah Pangkalan Banteng dan Budi Hartanto dan Masturi juga pernah melakukan pencurian di Desa Sungai Bakau pada 14 Februari 2022. Mereka menggasak motor dengan menggunakan kunci T,“ imbuh Kapolres.

Diakui para tersangka, lanjut Kapolres, sejumlah motor yang dicuri rata-rata kunci motor tertinggal di motor. Sementara baru satu kali memakai kunci T. Dan seluruh perkara terjadi di empat lokasi.

Barang bukti yang berhasil diamankan 1 unit motor matic Honda Beat warna Putih Biru, 1 unit Yamaha Jupiter warna hitam, satu unit Honda Supra 125. Kemudian kendaraan yang digunakan pelaku motor Jupiter warna biru.

Akibt perbuatannya para tersangka bakal dikenakan dikenakan pasal 363 atau Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana 7 tahun , atau kurungan penjara 5 tahun. (BS/CNB)