WNI Jangan ke Luar Negeri, Omicron BA.2 ‘Hantui’ 57 Negara

CANALBERITA.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali memberikan update terbaru mengenai subvarian baru Covid Omicron, BA.2. Badan kesehatan global itu menyebut bahwa virus itu telah menular di lebih dari 50 negara.

Dalam sebuah keterangan pers, Selasa (1/2/2022), WHO mengatakan bahwa subvarian ini berpotensi lebih menular dibandingkan dengan BA.1 atau Omicron biasa. Lembaga itu menyebut masih banyak ruang bagi BA.2 untuk menular lebih jauh dikarenakan beberapa negara yang setengah angka infeksi Omicronnya disumbangkan oleh subvarian ini

“Sekuens yang ditunjuk BA.2 telah diserahkan ke GISAID dari 57 negara hingga saat ini,” kata WHO dikutip AFP.

Selain itu, badan kesehatan PBB mengatakan hingga hari ini masih sedikit informasi yang diketahui tentang perbedaan antara subvarian Omicron. Mereka menyerukan kepada lembaga penelitian untuk membantu mengobservasi karakteristik antara varian, termasuk penularannya dan seberapa baik varian itu menghindari perlindungan kekebalan.

“Omicron secara umum diketahui menyebabkan penyakit yang lebih ringan daripada varian virus corona sebelumnya yang telah mendatangkan malapetaka, seperti Delta, dan sejauh ini tiidak ada indikasi bahwa ada perubahan tingkat keparahan” pada subvarian BA.2,” ujar pakar terkemuka WHO tentang Covid, Maria Van Kerkhove.

Meski begitu, ia juga menekankan bahwa terlepas dari jenisnya, Covid tetap menjadi penyakit berbahaya. Ia meminta agar setiap orang harus berusaha untuk tidak tertular.

“Kita perlu orang-orang sadar bahwa virus ini terus beredar dan terus berkembang,” katanya. “Sangat penting bagi kami untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi paparan kami terhadap virus ini, varian mana pun yang beredar.”

(sumber: cnbcindonesia.com)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.