Pengawasan di Bandara dan Pelabuhan Bakal Diperketat

CANALBERITA.COM – Sejak ditemukan adanya pasien diduga terinfeksi Covid-19 varian baru telah masuk di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), pemerintah daerah setempat bakal diperketat akses masuk melalui udara, laut dan darat.

Pengawasan warga pendatang kami instruksikan agar diperketat baik yang melalui pintu masuk Bandara (Bandar udara) maupun pelabuhan,” ujar Bupati Kotim Halikinnor usai pelantikan dan pengambilan sumpah janji pejabat baru di gedung serbaguna Sampit, Senin 7 Februari 2022.

Diperketatnya pengawasan tersebut, menurutnya, di Kotim sudah ada 7 warga yang terinfeksi varian baru karena mereka bepergian ke luar Kotim akhirnya terinfeksi, bahkan 7 pasien itupun sudah isolasi mandiri.

Meskipun data di pihak rumah sakit ada pasien yang terinfeksi virus varian baru. Akan tetapi, semuanya isolasi mandiri, tidak ada yang dirawat,” tegas mantan Sekda Kotim ini.

Halikin menambahkan, pengawasan tidak hanya sebatas mengawasi bagi pendatang yang di luar Kotim, melainkan mengaktifkan kembali pemeriksaan menggunakan PCR maupun antigen.

Kami sudah mengadakan rapat bersama gugus Covid-19 kabupaten, pengawasan di bandara maupun di pelabuhan akan diaktifkan kembali. Kepada masyarakat kami imbau tetap jalankan 3M yakni, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” sarannya. (BS/CNB)