Pemprov Diminta Fokus Tingkatkan Jalan Palangka Raya-Gunung Mas

CANALBERITA.COM – Anggota DPRD Kalimantan Tengah Lohing Simon meminta pemerintah provinsi lebih baik fokus meningkatkan jalan Palangka Raya ke Gunung Mas, daripada membuat atau membuka jalan baru Pulang Pisau menuju Gunung Mas.

Kalau ada niat Pemerintah Pusat ingin membantu membuka jalan baru dari Pulang Pisau ke Gunung Mas, kenapa tidak memperbaiki dan meningkatkan yang ada saja,” kata Lohing di Palangka Raya, Jumat 18 Februari 2022.

Menurut legislator Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu, diperlukan dana yang sangat besar untuk pembangunan dan pembebasan lahan jika membuka jalan baru dari Kabupaten Pulang Pisau ke Gunung Mas.

Sementara, lanjut dia, kondisi jalan dari Palangka Raya ke Gunung Mas sekarang ini masih belum sepenuhnya baik dan kapasitasnya hanya mampu kurang dari 8 ton. Ditambah lagi, jalan tersebut masih terhubung atau dapat dipergunakan masyarakat dari Pulang Pisau yang ingin ke Gunung Mas, begitu sebaliknya.

Jadi, kami menyarankan kepada Pemprov Kalteng, serahkan saja ruas jalan provinsi dari Palangka Raya ke Gunung Mas itu ke pemerintah pusat. Dengan begitu penanganan dan peningkatannya bisa menggunakan APBN,” kata Lohing.

Ketua Komisi II DPRD Kalteng itu mengakui, ke depan memang diperlukan membangun atau membuat jalan baru yang langsung dari Pulang Pisau ke Gunung Mas, tanpa harus melewati Palangka Raya. Hanya, sifatnya belum terlalu mendesak dan jalan yang ada sekarang masih memerlukan perhatian serta penanganan serius.

Dia mengatakan jalan dari Palangka Raya ke Gunung Mas itu juga banyak digunakan perusahaan besar swasta (PBS). Di mana para PBS tersebut membayar pajak ke pemerintah pusat.

Jadi, tidak salah sebenarnya pemerintah pusat juga harus memperhatikan dan ikut menangani jalan dari Palangka Raya ke Gunung Mas itu,” kata Lohing.

Apabila ruas jalan Palangka Raya benar-benar sudah memadai, baik dari sisi aspal dan kemampuan kapasitasnya di atas 10 ton, maka rencana membuka jalan baru dari Pulang Pisau langsung ke Gunung Mas tersebut tidak salah diwujudkan segera.

Jalan dari Palangka Raya ke Gunung Mas sekarang ini saja masih banyak dikeluhkan masyarakat karena banyak yang rusak. Jangan sekarang difokuskan membuka jalan Pulang Pisau-Gunung Mas itu,” kata Lohing. (BS/CNB)