Masuk Polisi Gratis, Kombes Ivan: Jangan Percaya Terhadap Iming-Iming Lulus, Percaya Pada Diri Sendiri

CANALBERITA.COM – Jangan percaya kepada oknum yang mengaku bisa membantu dengan menjamin kelulusan masuk Polri. Hal tersebut disampaikan oleh Karo SDM Polda Kalteng, Kombes Pol Ivan Adhityas kepada awak media usai menggelar MoU dengan lembaga dan instansi terkait, bertempat di Aula Arya Dharma, Mapolda setempat, Kamis 24 Februari 2022.

“Dalam penerimaan Polri tidak dipungut biaya, jangan percaya dengan siapapun. Kenal dengan pejabat, kenal si A dan si B dengan diiming-iming supaya lulus dan diminta sejumlah bayar itu tidak benar,” ungkap Kombes Pol Ivan Adhityas.

Menurutnya, yang benar adalah harus mengikuti serangkaian kegiatan dan persiapkan diri dengan latihan item-item seperti latihan fisik sejak jauh-jauh hari, jika pendaftaran bulan Maret 2022 jadi sudah siap sejak enam bulan sebelumnya sudah berlatih.

“Yaitu mulai latihan fisik seperti senam, lari, renang dan untuk tingginya kurang bisa latihan meninggikan badan atau konsumsi vitamin untuk meninggikan badan, sebagaimana standar yang sudah ditentukan,” ucapnya.

Dalam pengawasan rekrutmen Polri yang bersih, tranparansi, akuntabel dan humanis (BETAH) Polda Kalteng menggandeng 12 instansi terkait diantaranya dari Dinas Dukcapil, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Kanwil Kementerian Agama Kalteng dan KONI Kalteng.

Selain itu, Universitas Palangka Raya (UPR) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Kemudian Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Watch, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalteng dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kalteng.

“Contohnya untuk Dinas Capil, kita ingin mengetahui keabsahan kependudukan para calon, kemudian Dinas Pendidikan terkait ijasah mereka apakah benar itu milik dia. Sehingga rekrutmen Polri ini benar-benar bersih dari KKN dan penyimpangan lainnya, khususnya di Polda Kalteng,” cetusnya. (CNB1)