Kuala Kapuas Terus Berkomitmen Jadi Kota Layak Anak

CANALBERITA.COM – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terus berkomitmen dalam menyukseskan terwujudkan Kuala Kapuas sebagai Kota Layak Anak Tahun 2022.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan untuk mewujudkannya diperlukan kerja sama dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait serta lembaga vertikal dan organisasi lainnya perlu dilibatkan untuk menjembatani hal ini.

Bupati Kapuas juga meminta dinas terkait, mencermati apa-apa saja indikator yang harus dipenuhi atau dilengkapi sebagai syarat untuk mendapatkan status Kota Layak Anak.

OPD terkait agar bergerak cepat dalam melengkapi indikator ini dan saya yakin dengan semangat kebersamaan, kekompakan dan kerja keras dari seluruh pihak, kita optimis Kota Kuala Kapuas pada 2022 dapat menjadi Kota Layak Anak,” kata Ben Brahim, Selasa 15 Februari 2022

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kapuas Santoso mengatakan terkait indikator-indikator apa saja yang diperlukan dalam memenuhi status Kota Layak Anak.

Indikator itu diantaranya seperti adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Anak, Lembaga pengasuhan alternatif, infrastruktur ramah anak dan beberapa indikator lainnya.

Nilai Kota Layak Anak tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Kementerian PPA untuk Kabupaten Kapuas kurang 4,4 poin dan bila nilai tersebut terpenuhi, maka Kabupaten Kapuas akan mendapatkan kategori Pratama,” kata Santoso. (BS/CNB)