Kalteng Akan Optimalkan Pengembangan Industri Kreatif

CANALBERITA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) berupaya untuk lebih mengoptimalkan pengembangan industri kreatif untuk memacu perekonomian daerah.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Aster Bonawaty saat dihubungi di Pangkalan Bun, Kamis 17 Februari 2022, mengatakan, ke depan diharapkan sektor dagperin tak hanya bertumpu pada produk yang berasal dari sumber daya alam saja, tetapi juga mengoptimalkan pengembangan industri kreatif.

Hal ini sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, agar ke depan sektor perdagangan dan perindustrian bisa terus ditingkatkan dan kembangkan, sehingga dampaknya terhadap perekonomian daerah semakin baik,” katanya.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalteng ini mengatakan, melalui pengembangan industri kreatif yang semakin dioptimalkan, diharapkan pula kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Untuk itu, guna mematangkan berbagai program dan kegiatan pada sektor perdagangan dan perindustrian, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi bersama seluruh pemerintah kabupaten dan kota.

Kami melaksanakan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dan menyinergikan alur pikir pelaksanaan program dan kegiatan di bidang perdagangan dan perindustrian,” terangnya.

Program dan kegiatan pada sektor perdagangan dan perindustrian yang pihaknya bahas bersama, khususnya pada tahun anggaran 2022 serta rencana kegiatan 2023 mendatang.

Selain itu kami juga membahas berbagai isu-isu strategis sehingga terdapat kesamaan langkah untuk mewujudkan pembangunan Kalimantan Tengah yang semakin berkah,” ungkapnya.

Wanita yang akrab disapa Onna ini mengatakan, sektor perdagangan maupun industri di Kalimantan Tengah masih sangat potensial untuk dikembangkan lebih jauh lagi.

Apabila bisa dilakukan secara optimal, maka jangkauan pasar dari produk-produk yang dihasilkan pada sektor perdagangan maupun perindustrian, tak hanya pada skala daerah maupun nasional, namun hingga internasional atau ekspor.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pangkalan Bun ini dihadiri Bupati Kobar, Anggota DPRD dan Forkopimda Kobar, serta para Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian se-Kalteng. Selain itu juga dilaksanakan pameran produk unggulan IKM Kobar. (BS/CNB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.