Gunung Mas Tingkatkan Produktivitas Pariwisata Berbasis Alam dan Budaya

CANALBERITA.COM – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, memprogramkan pengembangan pariwisata berbasis alam dan budaya untuk mendorong perekonomian daerah pada 2023.

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Kurun, di aula kantor kecamatan setempat mengatakan, pengembangan pariwisata alam dan budaya merupakan arah kebijakannya ke depan dengan meningkatkan produktivitas kedua wisata tersebut.

Menurut dia, seluruh pemangku kepentingan harus memberikan perhatian terkait peningkatan produktivitas pariwisata berbasis alam dan budaya itu.

Pengembangan dan peningkatan produktivitas pariwisata harus dengan melakukan pembangunan, yang terintegrasi dengan pembangunan sektor lain, serta dilakukan pada sektor pariwisata unggulan terlebih dahulu hingga tuntas.

Kepada perangkat daerah teknis agar dapat jeli melakukan pemetaan terhadap sumber pendanaan yang dapat mengakomodir usulan tersebut, antara lain dari APBN, APBD provinsi, APBD kabupaten, maupun pendapatan lain yang sah,” katanya .

Lebih lanjut, mengacu pada arah kebijakan pembangunan dalam Perubahan RPJMD Gunung Mas 2019-2024, tema atau agenda pembangunan dalam rancangan awal RKPD kabupaten 2023 adalah peningkatan kualitas dan pemerataan pembangunan.

Saat ini, di Kecamatan Kurun terdapat satu desa wisata, yakni Hurung Bunut. Kepala Desa Hurung Bunut Doni mengatakan bahwa pihaknya memiliki puluhan usulan kegiatan yang merupakan hasil dari musrenbang tingkat desa.

Puluhan usulan kegiatan tersebut mencakup bidang pelaksanaan pembangunan desa yang terdiri dari infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Selain itu, ada juga usulan bidang pembinaan kemasyarakatan yakni pembinaan dan penataan desa wisata.

Selanjutnya, terdapat usulan bidang pembinaan kemasyarakatan bidang sosial, serta pertanian dan perkebunan. Secara keseluruhan, usulan kegiatan yang disampaikan oleh Desa Hurung Bunut pada pelaksanaan musrenbang kecamatan berjumlah 26 kegiatan. (BS/CNB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.