Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan Kalteng Go Internasional

CANALBERITA.COM – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan acara peluncuran ekspor produk kelautan dan perikanan Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jumat 18 Februari 2022.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalteng, Darliansjah menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, yang berkomitmen meningkatkan perekonomian daerah yang salah satunya melalui peningkatan ekspor produk Kalimantan Tengah.

Sehingga hal ini sebagai bentuk komitmen, motivasi dan dorongan dari pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, kepada eksportir dan pelaku usaha UMKM di bidang kelautan dan perikanan yang ada di Kalimantan Tengah, untuk meningkatkan ekspor produk kelautan dan perikanan guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Momentum kebangkitan ekspor produk kelautan dan perikanan Kalteng, yang bernilai tambah dan berdaya saing ke pasar global.

Untuk nama-nama eksportir dan produk yang diekspor seperti Robertus Tingkes yang merupakan Direktur CV Tirta Haring Borneo, yang berdomisili di Palangka Raya. Produk yang di ekspor adalah Ikan Botia berjumlah 30.000 ekor dan Ikan Seluang 5.000 ekor dengan negara tujuan ekspor ke Singapura. Ikan Botia berjumlah 5.000 ekor dan Ikan Seluang 1.000 ekor dengan negara tujuan ekspor ke Jepang,” jelasnya.

Selanjutnya Erwin yang merupakan Direktur CV Borneo Aquatic, yang berdomisili di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur. Produk yang di ekspor adalah tanaman air jenis Bucepalandra berjumlah 3.000 pcs/9 coli dengan negara tujuan ekspor ke Ceko.

Selanjutnya Ali Giono Bakut yang berdomisili di Palangka Raya. Produk yang di ekspor adalah Ikan Betutu berjumlah 130 kg/130 ekor dengan negara tujuan ekspor ke Malaysia. (BS/CNB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.