Dua Penumpang Pesawat Masuk Palangka Raya Positif Covid-19

CANALBERITA.COM – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah menemukan dua orang penumpang pesawat turun di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya terkonfirmasi positif Covid-19.

Dua orang penumpang yang positif Covid-19 tersebut, masing-masing satu orang dari penerbangan siang dan satu orang lagi penerbangan sore, Senin 7 Februari 2022.

Kedua penumpang tersebut berdasarkan kartu identitas KTP, masing-masing berdomisili di Palangka Raya dan Kabupaten Aceh Selatan.

“Temuan tersebut berdasarkan pemeriksaan acak dari 551 penumpang yang datang melalui Bandara Tilik Riwut Palangka Raya. Dan ini adalah tindak lanjut dari Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 443.1/07/Satgas Covid 19 tanggal 4 Februari 2022,” ucap salah satu anggota Satgas, Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Yulindra Dedi saat dihubungi melalui pesang singkat whatsapp, Selasa 8 Februari 2022.

Salah satu poin, yaitu meningkatkan deteksi Covid 19 untuk pelaku perjalanan dari Pulau Jawa dengan cara melakukan tes acak di pintu-pintu kedatangan di bandara, pelabuhan, terminal dan pos perbatasan.

Sementara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Suyuti Syamsul menyebut, bahwa sebagai tindak lanjut perlakuan terhadap dua orang penumpang tersebut, akan mengikuti prosedur yang berlaku.

“Satu orang langsung dirujuk ke Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya untuk dilakukan tes PCR, sedangkan satu orang lagi melakukan isolasi mandiri selama 10 hari dibawah pantauan Satgas,” jelasnya. (*/CNB1)