Damang Kepala Adat Mitra Pemerintah dalam Pembangunan Daerah

CANALBERITA.COM – Bupati Katingan Sakariyas mengapresiasi peran Damang Kepala Adat dalam pembangunan moral masyarakat dengan menegakan Budaya dan Adat istiadat dalam pembangunan daerah.

Orang nomor satu di Bumi Penyang Hinjei Simpei itu juga menyebutkan pembangunan daerah yang tidak diiringi dengan pembangunan moral masyarakat akan sia-sia saja.

Karena hanya budaya bentuk warisan dari leluhur kita dan adat istiadat bentuk ciri khas kita,” ucap Bupati saat menghadiri pelantikan Damang Mendawai. Rabu, 9 Februari 2022, kemaren.

Ditempat yang sama Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Katingan berharap pengurus Damang Kecamatan Mendawai yang baru dilantik bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Terutama dalam memberikan pelayanan penyelesaian permasalahan di tengah masyarakat yang berkaitan dengan pelaksanaan hukum adat dan perdamaian adat sesuai dengan Hukum Adat Dayak yang berlaku.

Wakil Ketua DAD Kabupaten Katingan Edy Rahmat Sosiawan mengatakan Damang sebagai salah satu pemangku adat pada tingkat wilayah kecamatan memiki peran vital mengurai masalah masyarakat yang berkaitan dengan hukum adat.

Peran strategis tersebut bisa menjadikan damang kepala adat sebagai mitra pemerintah dalam berkolaborasi dalam mengisi pembangunan daerah.

DAD Katingan juga mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan saudara Khairil Anwar sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Mendawai periode 2021 – 2027,” pungkasnya.

Untuk diketahui pemerintah daerah tengah menggelar Musrembang Kecamatan Mendawai sekaligus pelantikan Damang.

Nampak hadir dalam kegiatan itu tersebut dari pihak legislatif yaitu Yudea, Budy Hermanto, Eterly dan Firdaus dan sejumlah SOPD. (BS/CNB)