Cegah Penyebaran Covid-19, TNI Sasar Pasar Malam Tradisional

CANALBERITA.COM – Anggota Babinsa Koramil 1016-01/Pahandut, Sertu Sunardi bersama Tim Satgas Covid 19 Kota Palangka Raya melakukan patroli pengawasan protokol kesehatan bagi pedagang pasar malam tradisional dadakan di Jalan Tjilik Riwut Km 8 Kota Palangka Raya.

Kegiatan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Kalteng Nomor 443.1/07/Satgas Covid 19, tanggal 04 Februari 2022, yang dilaksanakan pada Senin 14 Februari 2022 malam dengan sasaran para pedagang dan pengunjung pasar malam dadakan, guna mengawasi penerapan prokes.

“TNI melalui Komando Kewilayahan Koramil Pahandut bersama Tim Satgas Covid akan melaksanakan patroli secara acak ditiap wilayah yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang banyak,” ucap Sertu Sunardi saat dikonfirmasi Penerangan Kodim, Selasa 15 Februari 2022.

Pihaknya berdalih, meski sebagian besar masyarakat sudah menerima vaksinasi, agar tetap disiplin dalam penerapan prokes khususnya saat keluar rumah.

“Berdasarkan data sebaran Covid 19 dari BPBD Kota Palangka Raya ada 4 Kecamatan yang terdiri dari 9 Kelurahan masuk zona merah. Maka dari itu sudah menjadi tugas kami selaku aparat untuk kembali mengedukasi masyarakat, agar tidak lengah dan utamakan protokol kesehatan saat beraktifitas,” tutur Sunardi.

Sunardi dalam kesempatan tersebut memberikan pemahaman kepada para pengunjung dan pedagang, terhadap ciri-ciri paling umum yang menunjukkan seseorang terkena infeksi Covid-19 varian omicron.

“Diketahui Omicron sudah masuk kategori varian of concern (VOC) Covid-19 di berbagai negara. Adapun gejalanya diantaranya sakit tenggorokan tapi tidak batuk, nyeri otot dan sendi, mudah sekali lelah meski tidak beraktifitas berat, sakit kepala terasa berdenyut, demam disertai flu berat,” papar sunardi.

Ciri-ciri gejala Omicron bisa saja berbeda terutama jika orang yang terinfeksi memiliki penyakit penyerta. Oleh karena itu, apabila merasakan tanda-tanda serius dan tidak biasa setelah dinyatakan positif Covid-19, maka segera pergi ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat perawatan intensif. (CNB1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.