Cegah Penularan Covid-19, Kotim Tambah Posko Pengawasan

CANALBERITA.COM – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, segera menambah posko untuk pengawasan dalam upaya mencegah meluasnya penularan Covid-19 imbas tingginya mobilitas penduduk.

Peningkatan pengawasan ini menyikapi terus meningkatnya kasus Covid-19 di Kotim dalam dua pekan terakhir.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, hingga selasa 8 Februari 2022 siang sudah terdapat 28 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Dua orang diantaranya bahkan harus dirawat di rumah sakit, sedangkan 26 orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

Posko juga akan dibentuk di tempat lain sesuai dengan perkembangan Covid-19. Tempat wisata pada akhir pekan yaitu Pantai Ujung Pandaran akan ada posko yang dijaga petugas lengkap seperti dari TNI, Polri hingga petugas vaksinasi,” kata Kapolres AKBP Sarpani di Sampit, Rabu 9 Februari 2022.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, segenap elemen pemerintah diperintahkan bergerak untuk mengatasi gelombang ketiga lonjakan kasus virus mematikan itu.

Sarpani menegaskan, Polres Kotawaringin Timur mendukung semua kebijakan pemerintah daerah. Pihaknya bersama pemerintah daerah dan instansi lainnya juga meningkatkan kewaspadaan.

Salah satu upaya bersama yang dilakukan adalah meningkatkan pengawasan terhadap mobilitas penduduk, salah satunya memeriksa warga yang baru tiba dari perjalanan luar daerah.

Saat ini sudah ada posko di Bandara Haji Asan Sampit dan Pelabuhan Sampit dengan jumlah personel 60 orang, yakni masing-masing 30 orang di setiap posko. Selanjutnya, kekuatan akan ditingkatkan dengan tambahan personel dari pemerintah daerah yaitu dari BPBD dan instansi terkait lainnya.

Untuk posko di perbatasan antar kabupaten, kami masih menunggu koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19,” jelas Sarpani.

Polres Kotawaringin Timur bersama instansi terkait juga akan meningkatkan patroli untuk pendisiplinan penerapan protokol kesehatan. Titik-titik keramaian akan dipantau untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik serta mencegah kerumunan.

Sarpani mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan agar tidak mudah tertular Covid-19. Masyarakat diminta mendukung upaya-upaya mengatasi pandemi ini agar segera berakhir. (BS/CNB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.