Vaksinasi Lansia di Banjarmasin Dilakukan dengan Cara Susur Sungai

CANALBERITA.COM – Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan vaksinasi COVID-19 dengan cara susur sungai datangi warga lanjut usia (Lansia).

Menggunakan ambulan air milik RSUD Sultan Suriansyah, RS milik pemerintah kota, Dinkes Banjarmasin menyusuri sungai Martapura hingga sungai Barito di Mantuil Banjarmasin Selatan, Minggu 23 Januari 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi Lansia ini dilakukan untuk meningkatkan target sasaran yang mencapai 56 ribu. Saat ini terlaksana masih di bawah 60 persen.

Antusias Lansia cukup tinggi mengikuti vaksinasi susur sungai yang kita laksanakan ini,” ujarnya.

Dengan disertai pemberian paket sembako, ujar Machli Riyadi, minat Lansia untuk vaksinasi makin meningkat.

Bahkan sudah banyak juga yang mengikuti booster atau suntik vaksin yang ketiga,” katanya.

Pada kegiatan hari ini, selain disertai vaksinasi umum, juga booster bagi Lansia.

Kegiatan kita hari ini dengan capaian 100 dosis,” ujarnya.

Menurut Machli Riyadi, sekitar 30 persen penduduk di Kota Banjarmasin tinggal di pinggiran sungai. Karenanya cara pelaksanaan vaksinasi dengan susur sungai ini cukup efektif.

Kita akan terus lakukan cara seperti ini,” tuturnya.

Sementara itu, untuk capaian target vaksinasi COVID-19 secara umum di Kota Banjarmasin hingga kini lebih 80 persen dari target sekitar 711 ribu jiwa.

Sejauh ini, sesuai laporan Dinkes Kalsel pada hari ini, total kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin sebanyak 15.883, sembuh sebanyak 15.332 orang dan meninggal dunia sebanyak 544 orang. (BS/CNB)