Gabungan Relawan Bangun Rumah Korban Kebakaran Pelangsian

CANALBERITA.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Wiyono menyambut baik terhadap program yang dilaksanakan oleh gabungan relawan dengan melakukan pembangunan rumah baru untuk korban kebakaran di Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Kegiatan yang dilakukan oleh gabungan relawan ini sangat baik sekali, mudah-mudahan bisa memberikan contoh bagi relawan lain agar bisa membuat program-program kegiatan serupa,” ucap Wiyono, Kamis 13 Januari 2022.

Ia menjelaskan, Dinas Sosial memiliki program kegiatan untuk melakukan perbaikan atau rehab rumah warga yang terbakar, dari program tersebut untuk setiap tahunnya terdapat delapan paket kegiatan dengan akumulasi biaya satu rumah sebesar Rp 15 juta satu rumah. Namun  jika musibah kebakaran lebih dari 10 kali terjadi dalam satu tahun, diakuinya anggaran yang telah di programkan tidak akan cukup.

Pada dasarnya kita tidak ingin adanya musibah kebakaran, yang namanya musibah nggak tahu kita yah. Maka dari itu jika sewaktu-waktu ada peristiwa kebakaran, lewat kegiatan relawan seperti ini bisa membantu,” ujarnya.

Wiyono juga membeberkan, jika ada relawan yang ingin melakukan penggalangan dana pihaknya siap memberikan dukungan. Tentunya relawan tersebut lebih dulu membuat izin, setelah itu Dinas Sosial yang akan memberikan rekomendasi.

Kami siap memberikan rekomendasi, jika memang relawan-relawan yang memerlukan izin untuk galang dana itu jelas. Rekomendasi itu nanti bisa mereka gunakan untuk meminta Dinas PTSP mengeluarkan izinnya,” demikian Wiyono.

Terpisah Kepala Desa Pelangsian Ismail saat dikonfirmasi, ia menerangkan sangat menyambut baik inisiatif para relawan yang telah membantu melakukan renovasi rumah Ibu Maspura yang terkena musibah kebakaran pada 2021 lalu.

Sangat terbantu sekali dengan adanya inisiatif gabungan para relawan ini, mudahan-mudahan jangan hanya putus disini, kegiatan serupa bisa di tingkatkan lebih jauh lagi,” kata Kepala Desa Pelangsian.

Kepala Desa Pelangsian ini juga menambahkan bahwa, pihaknya siap dan terbuka jika gabungan relawan tersebut sewaktu-waktu ingin melakukan koordinasi berkaitan dengan kegiatan serupa.

Yang jelas kami pihak pemerintah desa sangat terbantu dengan kegiatan seperti itu, kami siap dan terbuka apabila nantinya dari para relawan ingin melakukan koordinasi,” tandasnya. (BS/CNB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.