Antisipasi Karhutla, TNI-Polri dan Kelurahan Petuk Katimpun Gelar Simulasi

CANALBERITA.COM – Koramil 1016-01/Pahandut melalui Babinsa Pelda Nurkholis bersama Bhabinkamtibmas Bribka Edris, Masyarakat Peduli Api (MPA), Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) dan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) menggelar simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Selasa 25 Januari 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi dampak bencana Karhutla diwilayah serta untuk melatih kesigapan dan kekompakan dalam mengatasi bencana sehingga saat dihadapkan pada situasi sesungguhnya sudah mengerti dengan tugas masing-masing.

“Hari ini kita lakukan simulasi karhutla dengan sasaran di Km 16 Cilik Riwut, serta kita lakukan pengecekan kondisi sumur bor dilokasi tersebut apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak,” kata Pelda Nurkholis.

Ia menjelaskan, geografis wilayah Petuk Katimpun mayoritas lahan gambut, sehingga sangat rentan kebakaran saat memasuki musim kemarau tiba.

“Peran masyarakat sangat diperlukan agar upaya pemerintah daerah dalam mengantisipasi dan menangani karhutla bisa berjalan maksimal,” imbuh Nurkholis.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Petuk Katimpun Angelia Eva Solina Angga mengatakan, simulasi yang dilakukan pihaknya bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mengetahui kondisi peralatan karhutla apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

“Dalam pencegahannya, kita akan memasang beberapa spanduk di titik-titik lokasi yang rawan kebakaran, agar masyarakat tidak membakar lahan perkarangan dengan sembarangan,” tutur Seklur.

“Besar harapan wilayah Petuk Katimpun dapat terhindar dari kebakaran hutan dan lahan, sehingga wilayah tetap terjaga aman dari kebakaran hutan dan lahan,” tutupnya. (CNB1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.