Vaksinasi Lansia di Desa Bapanggang Raya Dapat Paket Sembako

CANALBERITA.COM – Pemerintah Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki cara unik agar para lanjut usia (lansia) mau divaksin patut ditiru.

Bagi yang mau divaksin tidak hanya mendapatkan Herd Immunity (membangun kekebalan tubuh), bahkan paket sembako. Bantuan sosial itu dananya bersumber dari APBDes Bapanggang Raya tahun anggaran 2021.

Jumlah sembako yang kami siapkan sebanyak 73 paket. Untuk mendapatkan paket sembako itu harus divaksin,” ujar Kepala Desa Bapanggang Raya Syahbana usai kegiatan, Rabu 29 Desember 2021.

Mengenai teknis pelaksanaan di lapangan, lanjutnya, Pemerintah Desa Bapanggang Raya kerja sama dengan Puskesmas Ketapang II. Vaksin yang diberikan adalah Sinovac untuk tahap I dan tahap II.

Untuk target, Alhamdulillah, semua tercapai karena para lansia yang divaksin dianggap telah memenuhi perayaratan, sehingga proses pemberikan vaksinasi berjalan aman dan lancar,” kata Syahbana.

Sementara itu, Camat MB Ketapang Eddy H Setiadi mengajak seluruh masyarakat yang merasa belum divaksin, hendaknya segera mengikuti anjuran pemerintah.

Alasannya, kata dia, vaksinasi ini halal dan tujuannya untuk meningkatkan imun tubuh seseorang terhadap serangan Covid-19, apalagi saat ini muncul varian baru yakni, virus Omnicrom.

Kami harapkan yang sudah divaksin untuk tetap menyosialisasikan kepada saudara, keluarga maupun tetangga supaya mau divaksin. Kita tidak tahu apakah tahun depan vaksinasi ini berbayar atau tetap digratiskan,” tegas Eddy yang juga pernah menjabat Camat Seranau ini.

Kepala Puskesmas Ketapang II Setyo Purwanto menjelaskan, vaksinasi lansia jenis Sinovac ini khusus untuk usia minimal 60 tahun.

Kalau saya lihat, warga Desa Bapanggang Raya ini khususnya lansia sangat antusias. Bahkan, pada saat pencanangan awal dihadiri Gubernur Kalteng dan Kapolres Kotim, warga di desa inilah yang paling banyak bersedia untuk divaksin,” kata Setyo. (BS/CNB)