Stok Beras Cukup, Indonesia Tak Lagi Impor

CANALBERITA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi indikasi bahwa stok beras nasional dalam kondisi aman. Hingga kini, pemerintah belum juga mengambil tindakan untuk mengimpor komoditas pangan pokok ini.

“Kita tahu bahwa tahun ini tahun 2021 sampai hari ini kita belum melakukan impor beras sama sekali dan kenyataannya stok kita masih pada posisi yang sangat baik,” ungkap Jokowi saat melakukan penanaman padi bersama para petani di Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).

Keputusan untuk tidak mengimpor beras tak lepas dari produktivitas petani dalam negeri. Jokowi mengklaim salah satu penyebab besarnya produktivitas tersebut karena infrastruktur yang sudah dibangun pemerintah.

“Saya rasa ini adalah sebuah tambahan produktivitas dari petani yang dihasilkan. Karena memang banyak sekali bendungan-bendungan yang telah selesai dibangun pada tahun-tahun sebelumnya ini mulai kelihatan hasil dari produktivitas kenaikan di petani. Sehingga memunculkan total produksi di seluruh tanah ini menjadi merangkak,” lanjutnya.

Kepala negara bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan para petani melakukan penanaman padi di areal kurang lebih 75 hektare di Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021). Agenda itu merupakan kelanjutan dari acara sebelumnya, yaitu peresmian Bendungan Tugu.

“Kita harapkan tadi dengan Bendungan Tugu yang sudah selesai dan bisa dimanfaatkan tadi para petani menyampaikan sekarang ini bisa panen dua kali padi dan satu kali palawija,” ujar Jokowi.

“Dengan adanya Bendungan Tugu, airnya sudah mengalir sampai ke sawah-sawah di sini, akan bisa panen padi tiga kali dan palawija sekali, sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di Kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis,” lanjutnya.

(sumber: cnbcindonesia.com)