Sering Turun, Kini Harga Sawit Siap Merekah

CANALBERITA.COM – Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) naik pada perdagangan pagi jelang siang hari ini. Maklum, harga CPO sudah turun lumayan dalam.

Pada Jumat (17/12/2021) pukul 09:35 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 4.488/ton. Melesat 2% dari posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Lesatan harga CPO terjadi setelah tren koreksi. Meski hari ini naik 2%, tetapi dalam sepekan terakhir harga masih minus 6,07%.

Ada harapan harga CPO bisa bangkit usai keterpurukan. Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan target harga CPO ada di MYR 4.555-4.625/ton.

“Kenaikan harga CPO dipicu oleh gelombang B. Gelombang ini bisa membawa harga menuju MYR 4.676/ton,” sebut Wang dalam riset hariannya.

Sinyal yang terbentuk, lanjut Wang, sudah memberi konfirmasi tren bullish. Tren koreksi sejak harga CPO menyentuh MYR 4.993/ton sudah selesai.

Dalam beberapa hari ke depan, demikian Wang, harga CPO berpeluang menanjak hingga ke MYR 4.773/ton. Secara harian, harga akan bergerak di kisaran MYR 4.587-4.698/ton.

Namun usai fase rebound ini, harga CPO berisiko kembali turun. Ini terlihat dengan pergerakan di lower channel dalam analisis teknikal.

(sumber: cnbcindonesia.com)