Tolak Keberadaan TBBR di Kalteng, Ratusan Massa Dayak Gelar Aksi Damai

CANALBERITA.COM – Ratusan massa dari 30 organisasi masyarakat (Ormas) di Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar aksi damai penolakan keberadaan Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila di Bundaran Besar Palangka Raya, Jumat 26 November 2021.

Tampak terlihat jelas ratusan massa yang hadir menyuarakan menolak keras, karena menurut mereka Ormas TBBR bertentangan dengan istiadat yang ada di Kalimantan Tengah.

Koordinator aksi, Bambang Irawan mengatakan, atas keberadaan TBBR di Kalimantan Tengah sangat mengkawatirkan dan meresahkan, lantaran bertentangan dengan istiadat Dayak Kalimantan Tengah. Sebab, budaya adat Kalteng dan TBBR asal Kalimantan Barat sangat berbeda jauh.

“Kita harapkan TBBR yang ada di Kalimantan Tengah dibubarkan, karena sangat bertentangan dengan adat di Kalimantan Tengah,” ungkap Bambang Irawan.

(foto: HERIYANTO)

Ia mengatakan, keberadaan TBBR selama ini tidak ada permisi dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemerintah daerah sekalipun. Nah ini sangat membuktikan mereka tidak ada kepedulian dengan masyarakat Kalimantan Tengah.

“Kita berharap jangan ada perpecahan antar sesama Dayak. Mari kita membesarkan Dayak ini sesuai wilayah masing-masing jangan sampai menyampingkan pribumi itu,” tuturnya. (CNB1)