Tim Kempo Indonesia Borong 20 Medali Kejuaraan Dunia 2021

CANALBERITA.COM – Tim kempo Indonesia berhasil memborong 20 medali dari Kejuaraan Dunia Kempo 2021.

Sebanyak 14 atlet kempo yang mewakili Tim Merah Putih berhasil menutup perjuangannya di Antyla, Turki, 25-31 Oktober silam dengan hasil manis.

Adapun rincian dari kedua puluh medali yang berhasil dibawa pulang tim Indonesia adalah delapan emas, lima perak, dan tujuh perunggu.

Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Kempo Indonesia (PPFKI), Timbul Thomas Lubis, mengaku terkejut dengan pencapaian tim Indonesia.

Menurutnya, apa yang telah dipersembahkan kontingen Indonesia di Turki telah jauh melampaui target yang ditetapkan.

“Target kami sebenarnya lima medali, tetapi penampilan anak-anak sungguh luar biasa,” ujarnya dilansir dari Antara.

Tak hanya itu, perolehan medali yang didapatkan juga menempatkan Indonesia di posisi runner up perolehan kategori tradisional kempo dan masuk peringkat empat klasemen akhir dari 29 negara yang berpartisipasi.

Thomas menjelaskan bahwa kesuksesan yang ditorehkan tak lepas dari sistem pembinaan yang dilakukan PP FKI yang aktif melakukan seleksi nasional di beberapa turnamen.

Atlet-atlet terbaik langsung ditempatkan ke dalam pemusatan latihan nasional di Villa Gloryland, Cisarua, Jawa Barat, awal Oktober.

Ketua Dewan kehormatan FKI, Yasonna H. Laoly, pun turut mengapresiasi capaian yang diraih oleh kontingen kempo Indonesia.

“Apresiasi atas prestasi cemerlang yang diraih FKI pada kejuaraan dunia di Turki yang diikuti 29 negara, dan Indonesia meraih 20 medali,” ujar Yasonna.

“Saya waktu mendengar laporan perolehan medali ini sangat bangga. Saya lihat foto-foto bendera Indonesia terpasang saat meraih medali rasanya sangat terharu,” tuturnya.

Yasonna pun berharap olahraga kempo masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada olimpiade mendatang.

“Kira sedang berjuang agar kempu masuk olimpiade. Jika berhasil, saya yakin bisa menjadi salah satu penyumbang medali emas,” tuturnya memungkasi.

Sepulang dari Turki, tim kempo Indonesia akan mempersiapkan diri untuk mengikuti Kejuaraan Dunia di Portugal pada Maret 2022 dan turnamen di Tunisia pada Mei 2022.

(sumber: skor.id)