Kapolda: Operasi Zebra Harus Dilakukan Secara Humanis

CANALBERITA.COM – Kepala Kapolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kapolda Kalteng), Irjen Pol Nanang Avianto pimpin apel Operasi Zebra Telabang 2021 yang dilaksanakan di halaman Mapolda, Senin 15 November 2021 pukul 08.00 WIB.

Dalam kesempatan itu juga dihadiri oleh Wakapolda Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, para PJU Polda Kalteng serta diikuti Danden POM XII/2 Palangka Raya, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Kalteng, Plt Kadishub Provinsi Kalteng dan personel gabungan Ops Zebra.

Dalam sambutanya, Kapolda menyampaikan tujuan digelarnya Operasi Zebra Telabang 2021 yaitu untuk meningkatkan ketertiban dalam berlalu lintas serta mendisiplinkan protokol kesehatan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kalimantan Tengah.

“Oleh sebab itu, perlu dilakukan berbagai upaya, salah satu diantaranya adalah memberdayakan seluruh Stakeholder terkait, guna mendukung kegiatan tersebut. Sehingga terciptanya keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas,” tegas Kapolda.

Kapolda menuturkan, adapun yang menjadi sasaran Operasi Zebra Telabang 2021 adalah segala bentuk kegiatan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak disiplin berlalulintas, lokasi rawan mancet, laka, kerumunan serta lokasi bencana alam.

“Saya menekankan, bahwa pelaksanaan operasi zebra ini tidak berorientasi dalam bentuk penegakan hukum (Gakkum) lantas atau tilang, tetapi lebih berfokus mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif yang berupa tindakan Simpatik dan Humanis kepada masyarakat serta bakti sosial,” tandas Irjen Nanang.

Diakhir kesempatan, Kapolda juga menekankan kepada para personel, agar selalu mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan dengan berpedoman pada standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan. (CNB1)