Yuk Kenali Budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke di Taman Nusa Bali

canalberita.com — Piknik tak melulu identik dengan bersenang-senang dan menghamburkan uang. Namun, berwisata juga dapat Anda lakukan untuk menambah wawasan apalagi terkait negeri sendiri.

Bagi Anda yang memiliki minat tinggi mempelajari budaya Indonesia, maka tak ada salahnya mengunjungi Taman Nusa Bali.

Melansir dari akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), taman ini mendapat julukan sebagai miniatur Indonesia.

Kawasan yang dibangun seluas 10 hektare ini menyimpan replika beragam artefak kebudayaan dari Sabang sampai Merauke.

Terletak di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Taman Nusa Bali terdiri dari berbagai kawasan seperti Kampung Budaya, Museum Wayang, Museum Etnografi, dan lainnya.

Kampung Budaya, yang menjadi salah satu lokasi favorit pengunjung, menyimpan sekitar 60 replika rumah tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah Rumah Bajawa dari Flores, Rumah Wale dari Minahasa, Rumah Honai dari Papua, serta Rumah Gadang dari Minangkabau yang sekaligus menjadi salah satu rumah tertua di Taman Nusa.

Selain itu, Anda juga bisa memutar kembali waktu di masa sebelum kemerdekaan yang dimulai dari zaman prasejarah, masa kemerdekaan, hingga Indonesia masa kini. Pastinya seru banget kan?

Tak hanya melihat dan mengamati saja, pengunjung juga bisa mempelajari kebudayaan Indonesia, misal belajar memainkan alat musik khas Indonesia, mempelajari seni pertunjukan wayang, membatik, dan masih banyak lagi.

Jadi, siapa bilang traveling hanya menghabiskan waktu dan uang? Dengan traveling, kita juga bisa menambah wawasan.

 

okezone