Tanda-Tanda Usus Bermasalah, Anda Mengalaminya?

canalberita.com — Usus manusia adalah rumah bagi berbagai mikroorganisme yang membentuk mikrobioma usus. Keseimbangan bakteri pada tubuh dapat membantu pengaturan berbagai fungsi tubuh.

Oleh sebab itu, ketidakseimbangan dapat menyebabkan kesehatan yang memburuk. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi keseimbangan mikrobioma usus adalah pola makan, gaya hidup, usia, dan banyak lagi.

Mengatur pola hidup dan mengendalikan serta mewaspadai gejala-gejala tertentu dapat membantu kita untuk mengontrol kesehatan usus. Berikut adalah beberapa gejala umum usus yang tidak sehat, dilansir laman Times Now News, Selasa (26/10).

1. Sering sakit perut
Usus yang tidak sehat menyebabkan masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, kembung, gas, dan mulas. Hal ini disebabkan ketidakmampuan efektif eliminasi limbah, pengolahan, dan penyerapan makanan.

2. Permasalahan kulit
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Microbiology berjudul “The Gut Microbiome as a Major Regulator of the Gut-Skin Axis”, kesehatan usus dapat memengaruhi kesehatan kulit secara merugikan. Pencernaan yang tidak sehat juga akan meningkatkan risiko menderita eksim, psoriasis, dan jerawat.

3. Ingin memakan yang manis-manis
Hasrat makan manis yang melonjak bisa menjadi tanda usus yang tidak sehat. Perubahan pola makan adalah konsekuensi dari kerusakan usus dan konsumsi makanan olahan dan olahan dapat menyebabkan bakteri “jahat” bernanah di usus.

4. Sulit tidur
Produksi serotonin dan kesehatan mental dapat mengalami pukulan besar jika usus tidak sehat. Perubahan mendadak dalam perilaku dan suasana hati, kesehatan mental yang memburuk, dan lekas marah adalah beberapa tanda usus yang tidak sehat. Hal ini juga dapat mengakibatkan depresi, kecemasan, dan masalah tidur seperti insomnia.

5. Munculnya alergi dan intoleransi
Mulai alergi dan intoleransi terhadap sesuatu bisa menjadi tanda kesehatan usus sedang bermasalah. Alergi dan intoleransi adalah konsekuensi dari respons imun. Ini dapat dipicu oleh usus yang tidak sehat karena usus yang sehat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

 

republika

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.