Polisi Gagalkan Penyelundupan 5,2 Ton Kokain

canalberita.com — Kepolisian Portugal dan Spanyol berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis kokain seberat 5,2 ton asal Amerika Latin dari sebuah kapal cepat saat melintas di pesisir laut Potugal.

Selain menyita kokain, pihak kepolisan dua negara tersebut menangkap tiga orang pelaku yang diketahui merupakan dua warga Spanyol dan satu warga Peru.

Polisi menduga ketiga pelaku merupakan bagian dari jaringan narkoba yang kuat dan luas yang memang biasa menyelundupkan narkoba dari Amerika Latin ke Eropa.

Mereka ditangkap saat melintas di samudera Atlantik, tepatnya di 550 kilometer dari pesisir Portugal. Menurut direktur investigasi kriminal kepolisian Portugal, ini adalah penggagalan penyelundupan narkoba dari kapal cepat yang pecahkan rekor dunia karena biasanya kokain seberat 5,2 ton disita dari sebuah kapal kargo atau kapal yang lebih besar. Penggagalan ini juga yang terbesar dalam sejarah Portugal.

Ditenggarai narkoba jenis kokain itu akan diselundupkan ke pasar Eropa.

Menurut badan anti narkoba Uni Eropa yang berbasis di Losbon, pusat pengawasan Eropa untuk narkoba dan ketergantungan narkoba, penyitaan ini adalah hasil yang patut diapresiasi di tengah munculnya sindikat-sindikat narkoba baru yang berusaha masuk ke pasar narkoba di Eropa dan berusaha membangun jaringan penyelundupan dari Amerika Latin ke Eropa.

 

TV One