Dana Desa Tahap II Sudah Dicairkan 50 Desa di Barito Selatan

canalberita.com — Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyebutkan, sebanyak 50 Desa di daerah ini sudah mencairkan Dana Desa (DD) tahap Ke-II untuk tahun anggaran 2021.

Kepala DSPMD Barsel Selviriyatmi melalui Kabid Administrasi Pemdes dan Kelembagaan Juharnita mengatakan dari 86 Desa yang ada di Barsel hampir keseluruhannya telah mengajukan permohonan pencairan DD tahap II.

“Bahkan hingga saat ini, hanya 50 desa saja yang telah mencairkan DD tahap Ke-II sementara untuk 36 Desa yang lainnya juga telah mengajukan pencairan DD tahap II dan 9 Desa diantaranya masih dalam proses,”Katanya kepada beritasampit.co.id Senin 11 Oktober 2021 saat ditemui diruang kerjanya.

Menurut Juharnita, untuk pencairan DD ini ada tiga tahap yakni pada bulan Januari dan April tahap pertama, Mei hingga Agustus tahap kedua selanjutnya bulan September hingga Desember 2021 adalah untuk pencairan DD tahap ketiga.

“Setiap desa untuk memacu pelaksanaan dilapangan supaya terealisasi dan mencapai target serta dapat melakukan pencairan tahap berikutnya,”Jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, terkait proses pencairan DD tersebut adalah mulai dari pihak Desa mengajukan ke Kecamatan masing-masing untuk mendapatkan verifikasi dan memperoleh rekomendasi yang disampaikan kepada DSPMD Barsel.

“Selanjutnya oleh DSPMD Barsel, mengajukan ke Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat sehingga baru bisa dicairkan dan dikirim ke rekening masing-masing Desa,”Tukas Juharnita.

 

Disclaimer Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.